masukkan script iklan disini
Pelaut Online -SISTIM & JENIS KEMUDI (RUDDER) KAPAL,mungkin kita sudah tidak heran kalau mendengarkan kata kemudi, dimana alat ini yang mengatur semua arah yang di inginkan agar bisa belok kekanan maupun kekiri, untuk kemudi kapal Ukuran jangan sampai terlalu besar atau pun kecil,sebab jika terlalu besar akan ada hambatan, namun jika terlalu kecil, kapal bisa kehilangan kendali,khusunya saat pada waktu kecepatan rendah
Dalam Jenis alat Transportasi kuno mungkin kemudia hanya bisa diarahkan secara manual, namun di era modern saat ini, kontrol kemudi bisa diatur, biasanya dikapal dan pesawat ada istilah auto pilot.mungkin mobil ataupun motor sudah ada juga saat ini ?
1 KEMUDI BIASA; Kemudi yang seluruh daun kemudinya berada dibelakang poros putarnya, Kemudi seperti ini umumnya dipasang pada kapal kecil dan yang berbaling-baling tunggal.
Kemudia Biasa DI Bagi Menjadi 2 Bagian Yaitu :
1.Kemudi Biasa pelat tunggal : konstruksi daun kemudinya terdiri dari lembaran pelat tunggal saja.
2.Kemudi Biasa pelat ganda : konstruksi daun kemudinya terdiri dari lembaran pelat berganda sehingga didalamnya berbentuk
2 KEMUDI BERIMBANG : Kemudi yang daun kemudinya sebagian berada dibelakang poros putarnya, sedang sebagian kecil berada didepan poros putarnya.
- Kemudi Berimbang penuh 25 – 30 % bagian daun kemudi berada didepan poros putar sisanya berada dibelakang poros putarnya.
- Kemudi Semi Berimbang bagian daun kemudi yang berada didepan poros putar lebih kecil dari 20 %.
3 KEMUDI PATENT : Kemudi yang konstruksinya dibuat berdasarkan penelitian (research) lalu dipatentkan. Penelitian ini dibuat dengan pertimbangan untuk mencapai efficiency / rendamen kemudi yang lebih besar.
Mungkin itulah penjelasan singkat tentang kemudi diatas kapal, semoga materi artikel ini berguna dan bisa tambah pengetahuan kita, sekian dan terimakasih, jangan lupa untuk baca juga post sebelumnya yaitu Apa itu GADING-GADING (FRAMES) Kapal
Dalam Jenis alat Transportasi kuno mungkin kemudia hanya bisa diarahkan secara manual, namun di era modern saat ini, kontrol kemudi bisa diatur, biasanya dikapal dan pesawat ada istilah auto pilot.mungkin mobil ataupun motor sudah ada juga saat ini ?
1 KEMUDI BIASA; Kemudi yang seluruh daun kemudinya berada dibelakang poros putarnya, Kemudi seperti ini umumnya dipasang pada kapal kecil dan yang berbaling-baling tunggal.
Kemudia Biasa DI Bagi Menjadi 2 Bagian Yaitu :
1.Kemudi Biasa pelat tunggal : konstruksi daun kemudinya terdiri dari lembaran pelat tunggal saja.
2.Kemudi Biasa pelat ganda : konstruksi daun kemudinya terdiri dari lembaran pelat berganda sehingga didalamnya berbentuk
2 KEMUDI BERIMBANG : Kemudi yang daun kemudinya sebagian berada dibelakang poros putarnya, sedang sebagian kecil berada didepan poros putarnya.
- Kemudi Berimbang penuh 25 – 30 % bagian daun kemudi berada didepan poros putar sisanya berada dibelakang poros putarnya.
- Kemudi Semi Berimbang bagian daun kemudi yang berada didepan poros putar lebih kecil dari 20 %.
3 KEMUDI PATENT : Kemudi yang konstruksinya dibuat berdasarkan penelitian (research) lalu dipatentkan. Penelitian ini dibuat dengan pertimbangan untuk mencapai efficiency / rendamen kemudi yang lebih besar.
Mungkin itulah penjelasan singkat tentang kemudi diatas kapal, semoga materi artikel ini berguna dan bisa tambah pengetahuan kita, sekian dan terimakasih, jangan lupa untuk baca juga post sebelumnya yaitu Apa itu GADING-GADING (FRAMES) Kapal