masukkan script iklan disini
Pelaut Online -Apa itu GADING-GADING (FRAMES) Kapal,jika sebelumnya kita telah posting beberapaistilah dalam dunia pelaut tentang kontruksi bangunan kapal, maka kali ini hampir sama juga pembahasanya, yaitu seputar kapal juga yaitu gading kapal, merupakan salah satu fungsi agar bisa membuat kapal tenunya besi-besi itu harus dirancang sebaik mungkin.untuk lebih jelas berikut ini materi artikel yang akan admin posting
A. GUNA GADING-GADING
- Memperkuat konstruksi melintang kapal.
- Manjaga agar tidak terjadi perubahan bentuk pada kulit kapal.
- Sebagai tempat menempelnya kulit kapal.
B. PEMASANGAN GADING-GADING
-Dipasang melintang mengelilingi badan kapal,
-Jarak antara gading-gading tidak sama.
-Pada bagian haluan kapal, ujung bawah gading berakhir di atas lunas dan ujung-ujung tersebut saling dihubungkan dengan dengan wrang tinggi (deep floors).
-Pada bagian buritan kapal , khususnya di sekitar poros baling-baling (gading simpul), dilekukkan sedemikian rupa sehingga dapat dilewati oleh tabung poros baling-baling.
C. PEMBERIAN TANDA DAN NOMOR PADA GADING-GADING
- Gading-gading diberi nomor dari belakang ke depan yang dimulai dari gading NOL atau Gading Buritan.
- Gading NOL terletak sebidang dengan bidang tegak belakang (After Perpendicular), biasanya pada sisi belakang cagak kemudi (Rudder Stock).
- Gading-gading sebelah depan gading nol diberi nomor urut 1,2,3,dst dengan tanda (+), sedangkan di sebelah belakang diberi nomor urut 1,2,3,dst dengan tanda (-), atau dengan huruf abjad kecil a,b,c,dst.
PEMBERIAN NAMA GADING SESUAI DENGAN LETAKNYA
- Gading Nol : sebidang dengan cagak kemudi
- Gading-gading Cermin : di belakang gading nol
- Gading-gading Simpul : sepanjang tabung poros baling-baling
- Gading-gading Besar : ukurannya lebih besar daripada gading-gading lainnya, terletak pada lambung di mana balok geladak terputus karena adanya palka, di kamar mesin, di buritan
- Gading-gading Haluan : di depan sekat pelanggaran
D. GADING-GADING BESAR (WEBFRAMES)
-Gading-gading besar disebut juga gading-gading sarang atau webframes.
-Ukuran dan kekuatannya lebih besar daripada gading-gading biasa.
-Dipasang untuk memulihkan kekuatan kapal di tempat yang balok geladaknya diputuskan.
-Gading-gading besar dipasang :
#Di daerah yang balok geladaknya terputus.
# Di daerah yang membutuhkan perkuatan di mana perkuatan tersebutr sekaligus berfungsi sebagai penahan getaran, seperti di haluan, buritan, kamar mesin/ketel.
Demikianlah Materi Artikel Kali ini semoga berguna dan bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita tentang belajar kelautan, baca juga postingan sebelumnya yaitu Materi Kapal Apa itu Double Bottom
A. GUNA GADING-GADING
- Memperkuat konstruksi melintang kapal.
- Manjaga agar tidak terjadi perubahan bentuk pada kulit kapal.
- Sebagai tempat menempelnya kulit kapal.
gambar 1 |
B. PEMASANGAN GADING-GADING
-Dipasang melintang mengelilingi badan kapal,
-Jarak antara gading-gading tidak sama.
-Pada bagian haluan kapal, ujung bawah gading berakhir di atas lunas dan ujung-ujung tersebut saling dihubungkan dengan dengan wrang tinggi (deep floors).
-Pada bagian buritan kapal , khususnya di sekitar poros baling-baling (gading simpul), dilekukkan sedemikian rupa sehingga dapat dilewati oleh tabung poros baling-baling.
C. PEMBERIAN TANDA DAN NOMOR PADA GADING-GADING
- Gading-gading diberi nomor dari belakang ke depan yang dimulai dari gading NOL atau Gading Buritan.
- Gading NOL terletak sebidang dengan bidang tegak belakang (After Perpendicular), biasanya pada sisi belakang cagak kemudi (Rudder Stock).
- Gading-gading sebelah depan gading nol diberi nomor urut 1,2,3,dst dengan tanda (+), sedangkan di sebelah belakang diberi nomor urut 1,2,3,dst dengan tanda (-), atau dengan huruf abjad kecil a,b,c,dst.
PEMBERIAN NAMA GADING SESUAI DENGAN LETAKNYA
- Gading Nol : sebidang dengan cagak kemudi
- Gading-gading Cermin : di belakang gading nol
- Gading-gading Simpul : sepanjang tabung poros baling-baling
- Gading-gading Besar : ukurannya lebih besar daripada gading-gading lainnya, terletak pada lambung di mana balok geladak terputus karena adanya palka, di kamar mesin, di buritan
- Gading-gading Haluan : di depan sekat pelanggaran
gambar 2 |
gambar3 |
-Gading-gading besar disebut juga gading-gading sarang atau webframes.
-Ukuran dan kekuatannya lebih besar daripada gading-gading biasa.
-Dipasang untuk memulihkan kekuatan kapal di tempat yang balok geladaknya diputuskan.
-Gading-gading besar dipasang :
#Di daerah yang balok geladaknya terputus.
# Di daerah yang membutuhkan perkuatan di mana perkuatan tersebutr sekaligus berfungsi sebagai penahan getaran, seperti di haluan, buritan, kamar mesin/ketel.
Demikianlah Materi Artikel Kali ini semoga berguna dan bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita tentang belajar kelautan, baca juga postingan sebelumnya yaitu Materi Kapal Apa itu Double Bottom