masukkan script iklan disini
Pelaut Online - Muatan Geladak ( Deck Cargoes) Secara Umum, Muatan geladak adalah muatan yang sehubungan dengan sifat atau bentuknya yang tidak memungkinkan untuk dimuat dalam palka dan oleh kerenanya muatan tersebut tidak rusak akibat cuaca, Kita Sudah Tahu Kalau Cuaca setiap hari tidak bisa ditebak, terkadang cuara cerah mungkin esok bisa hujan dan mendung, walaupun begitu dan pastinya jika cuaca panas dan hujan dating, makan barang yang ada di geladak akan terkena sinar dan kena percikan air.
Disamping Muatan geladak, kadang terdapat muatan lain yang ditempatkan di Geladak. Muatan-muatan yang ditempatlan geladak ini selalu diangkut atas “ Resiko shipper “ dan hal ini harus dicatat dan jelas-jelas dinyatakan dalam Resi Mualim.
foto gambar via pixabay.com
Muatan Geladak umumnya juga muatan yang digolongkan “Muatan Berat” tau ”Muatan Berbahaya”. Untuk muatan berat, sebelum dimuat di geladak maka perlu mengadakan persiapan seperti pemasangan Penerapan (dunnage) agar tekanan dari berat muatan dapat terbagi merata atas luas geladak dan begitu muatan ditempatkan pada geladak lalu diikat kencang / kuat tahan goncangan. Ikatan ini selama pelayaran terus menerus diperiksa, demikian juga bagi muatan berbahaya dalam botol baja, botol keranjang atau drum harus diikat tahan goncangan
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penanganan Muatan Geladak adalah sebagai berikut:
1.Dengan adanya Muatan Geladak, Stabilitas kapal harus tetap dan dapat terjamin.
2.Perhatikan Beban yang diterima oleh plat geladak tidak melampaui kekuatan daya tampung geladak itu sendiri.
3.Pada Muatan geladak harus dipadatkan sekokoh mungkin agar tidak bergeser dan bergerak, untuk itu perlu dikat denagnkencang.
4.Tabung-tabung hawa, Pipa-pipa sounding serta Keran-keran air (Hydrant) tetap bebas dan tidak tertindik
oleh muatan itu, jadi bisa terjangkau dan terhindar dari kemungkinan kerusakan.
5.Perlu juga di perhatikan Ketinggian muatan geladak, tidak akan mengganggu keselamatan pelayaran.
6.Tetap dapat menjamin lalu lintas yang aman melalui muatan di geladak.
Muatan Geladak akan menimbulkan masalah-masalah :
Stabilitas kapal
1.Tegangan pada Plat Geladak
2.Pengikatan / Lashing
3.Terbentuknya Sailing area.
Pembebanan geladak akibat adanya muatan geladak menurut Lloyds Rule adalah :
1.Pada bagian atas geladak tak terputus 0,87 ton/m²
2.Ambang Palka di geladak 1,08 ton/m²
3.Untuk muatan geladak antara 0,72 h/ton (h = angka ketinggian geladak antara dalam meter)
Nah itulah Ulasan Materi singkat pada postingan kali ini tentang Bagaimana Cara Memuat Barang Muatan Di Geladak ( Deck Cargoes) semoga definis ini bisa menambah wawasan kita sekian dahulu, jangan lupa untuk melihat post sebelumnya yaitu Cara Muat Barang Berbahaya (Dangerous Cargoes)
Disamping Muatan geladak, kadang terdapat muatan lain yang ditempatkan di Geladak. Muatan-muatan yang ditempatlan geladak ini selalu diangkut atas “ Resiko shipper “ dan hal ini harus dicatat dan jelas-jelas dinyatakan dalam Resi Mualim.
Muatan Geladak umumnya juga muatan yang digolongkan “Muatan Berat” tau ”Muatan Berbahaya”. Untuk muatan berat, sebelum dimuat di geladak maka perlu mengadakan persiapan seperti pemasangan Penerapan (dunnage) agar tekanan dari berat muatan dapat terbagi merata atas luas geladak dan begitu muatan ditempatkan pada geladak lalu diikat kencang / kuat tahan goncangan. Ikatan ini selama pelayaran terus menerus diperiksa, demikian juga bagi muatan berbahaya dalam botol baja, botol keranjang atau drum harus diikat tahan goncangan
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penanganan Muatan Geladak adalah sebagai berikut:
1.Dengan adanya Muatan Geladak, Stabilitas kapal harus tetap dan dapat terjamin.
2.Perhatikan Beban yang diterima oleh plat geladak tidak melampaui kekuatan daya tampung geladak itu sendiri.
3.Pada Muatan geladak harus dipadatkan sekokoh mungkin agar tidak bergeser dan bergerak, untuk itu perlu dikat denagnkencang.
4.Tabung-tabung hawa, Pipa-pipa sounding serta Keran-keran air (Hydrant) tetap bebas dan tidak tertindik
oleh muatan itu, jadi bisa terjangkau dan terhindar dari kemungkinan kerusakan.
5.Perlu juga di perhatikan Ketinggian muatan geladak, tidak akan mengganggu keselamatan pelayaran.
6.Tetap dapat menjamin lalu lintas yang aman melalui muatan di geladak.
Muatan Geladak akan menimbulkan masalah-masalah :
Stabilitas kapal
1.Tegangan pada Plat Geladak
2.Pengikatan / Lashing
3.Terbentuknya Sailing area.
Pembebanan geladak akibat adanya muatan geladak menurut Lloyds Rule adalah :
1.Pada bagian atas geladak tak terputus 0,87 ton/m²
2.Ambang Palka di geladak 1,08 ton/m²
3.Untuk muatan geladak antara 0,72 h/ton (h = angka ketinggian geladak antara dalam meter)
Nah itulah Ulasan Materi singkat pada postingan kali ini tentang Bagaimana Cara Memuat Barang Muatan Di Geladak ( Deck Cargoes) semoga definis ini bisa menambah wawasan kita sekian dahulu, jangan lupa untuk melihat post sebelumnya yaitu Cara Muat Barang Berbahaya (Dangerous Cargoes)