Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Apa Itu Cargo Pump Kapal Tanker

PBKuta
Oktober 26, 2015
Last Updated 2015-10-25T17:30:36Z
masukkan script iklan disini
Pelaut Online - Apa Itu Cargo Pump Kapal Tanker, Fungsi dari pompa adalah untuk membongkar muatan, membongkar sisa-sisa muatan / pengeringan serta tank washing, ballast dan deballasting. agar lebih steril dan bisa dipakai oleh barang muatan lagi. Kapasitas efektip suatu pompa dipengaruhi oleh tahanan pada pipa dan kerangan, kecepatan dari aliran, Viscosity dari cairan muatan, jarak ketempat penampungan serta Kavitasi di dalam pompa.

Konstruksi pipa

- Pipa isap sependek mungkin, besar, lurus dan di disain agar bebas dari pembentukan kantong udara.

- Bila pipa isap memakai Elbow (horison), maka antara pipa dan elbow harus dipasang lurus.

- Apabila tidak dipasang pipa lurus, maka aliran cairan yang masuk ke impeller menjadi tidak simetris dan akibatnya kapasitas pompa turun dan suhu Thrust bearing naik.

- Suction dan discharge pipa yang dekat pompa harus disanggah secara baik sehingga berat dari pipa tidak mengganggu rumah pompa.

- Penyambungan flens pipa-pipa isap dan tekan terhadap rumah pompa harus rapat terhadap flens dari pipa nozzle pompa, tetapi jangan terlalu kuat waktu pengikatan baut murnya.

- Pengaruh pengembangan pipa akibat panas yang timbul harus dapat diredam oleh pipanya sendiri, jangan sampai mempengaruhi rumah pompa.

- Pipa harus bebas dari kotoran-kotoran dan saringan isap yang sesuai  harus dipasang.

Apa Itu Cargo Pump Kapal Tanker
gambar source via pixabay.com

Persiapan menjalankan Pompa

1. Untuk pompa yang baru setelah pemasangan / overhoul, tuangkan / isi lub oil pada gear coupling dan bearing.

2. Tutup kerangan discharge dan buka penuh kerangan isap.
- Bila permukaan /level cairan muatan berada diatas pompa, maka cairan akan mengalir ke pompa secara gravity, buka vent cock dan tutup kembali setelah ada cairan keluar.
- Bila permukaan cairan muatan berada dibawah pompa, maka untuk membuang udara dari pumpa dan suction line dengan cara melalui 2(dua)buah gas vent pada valute cover dengan bantuan stripping pump dan pada kondisi ini air vent valve harus selalu strtutup.
3. Periksa dan yakinkan bahwa rumah pompa harus terisi cairan.

Menjalankan Pompa

1. Hidupkan Turbin dengan membuka penuh kerangan isap pompa dan kerangan buang (discharge valve) tertutup.

2. Naikkan putaran turbin secara bertahap sampai discharge pressure pompa naik 5 kg/cm2, kemudian buka keran buang (discharge valve) dengan bertahap.

Pengawasan selama pompa beroperasi

1. Jangan sekali-kali membiarkan pompa beroperasi dengan tekanan discharge mendekati / dibawah nol.
2. Jangan sekali-kali menutup kerangan isap sewaktu pompa beroperasi.
3. Periksa temperatur dan minyak pelumas bearing.
4. Periksa kebocoran dan temperatur dari mechanical seal.
5. Kerangan buang (discharge valve) harus selalu terbuka penuh.
6. Apabila ingin mengatur discharge rate sebaiknya dengan merubah putaran pompa.
7. Apabila menggunakan 2(dua) pompa parallel agar tekanan discharge kedua pompa selalu sama, tetapi bila salah satu pompa drop (misalnya tanki yang dibongkar tinggal sedikit), matuikan salah satu pompa.

Apa Itu Cargo Pump Kapal Tanker
Foto gambar dari website pixabay.com

Menghentikan Pompa

1. Stop primover (turbin)
2. Tutup discharge valve
3. Tutup suction valve
4. Drain / cerat rumah pompa.

Perlengkapan Keselamatan Pompa

1. Low pressure lub oil trip ( di turbin )
2. Bearing high tempereture trip ( pompa )
3. Overspeed trip ( turbin )
4. Overload trip ( pompa )
5. Emergency stop ( turbin )
6. Highe temperature gland trip ( gland )
7. High tempererature pump casing trip.

Trouble Check List ( Kesukaran / kelainan )

a). Cairan muatan tidak mengalir Penyebab :

- Pompa belum dicerat
- Pompa tidak terisi penuh cairan muatan
- Udara bocor ke pipa asap
- Tinggi isap terlalu tinggi
- Saringan siap buntu
- RPM terlalu rendah

b). Cairan yang mengaklir tidak banyak penyebab :

- Pompa terisi penuh dengan cairan muatan
- Bell mouth isap tidak terendam cairan muatan
- Saringan isap sebagian buntu
- RPM rendah
- Terdapat uadara / gas didalam saluran isap
- Viscositas cairan muatan encer (lebih tinggi)

c). Pompa makan banyak tenaga Penyebab :

- RPM terlalu tinggi
- Viscositas muatan lebih tinggi
- Muatan lebih berat
- Impeller menggesek mouth ring
- Rate pompa terlalu tinggi

d). Bell ring overhead Penyebab :

- Pompa tidak lurus
- Minyak pelumas kurang
- Minyak pelumas terlalu penuh
- As bengkok
- Kelainan di thrust bearing
- Ada kotoran di bearing
- Kelainan di oil ring

e). Mechanical seal bocor Penyebab :

- Kerusakan / aus pada mechanical seal
- Kerusakan pada “O” ring
- Coalar tidak duduk
- Ada kotoran pada permukaan seal
- Baut / mur pengikat galnd longgar
- Pipa untuk flushing mechanical seal buntu

Pemeliharaan

- Minyak pelumas bearing diganti setiap 600 jam kerja
- Cooler L.O. digosok tiap 300 jam kerja
- Saringan isap dibersihkan setiap bulan

itulah sekilas tentang Cargo PumpKapal Tangker, sekian dan terimakasih, Baca juga Postingan Sebelumnya Yaitu Apa Arti Dan Definisi FCL, LCL, CY, CFS Dalam Export Import
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl