masukkan script iklan disini
Pelaut Online -Apa Itu Muatan Curah (Bulk Cargoes) Muatan Curah adalah Muatan yang dimuat atau dikapalkan tanpa menggunakan kemasan / pembungkus misalnya Biji-bijian, Batubara, Gandum, Belerang, Kopra, Jagung, Semen serta lainya.
Muatan curah umumnya dikapalkan dengan menggunakan kapal-kapal curah (Bulk carrier), dimana kapal tersebut dibangun dengan konstruksi khusus, baik dinding-dinding palkanya maupun sistem penataan lensanya.
Bagi kapal-kapal yang bukan khusus untuk muatan curah (Cargo ship) yang digunakan untuk mengangkut muatan curah, maka persiapan ruang muatnya perlu mendapat perhatian lebih, khususnya pada penutup got-got palka. Untuk itu papan-papan penutup got palka harus ditutup terlebih dahulu dengan terpal dan kemudian ditutup lagi dengan papan-papan sehingga benar-benar kedap muatan untuk mencegah masuknya muatan kedalam got.
# Baca Terlebih Dahulu Apa Itu Cargo Pump Kapal Tanker
Batu Bara
Muatan Batu Bara yang dimuat secara curah juga termasuk muatan berbahaya. Untuk itu dalam Penanganan dan pengaturannya, perlu diketahui bahwa Jenis muatan ini memiliki sifat-sifat khusus yaitu :
1.Mengeluarkan Gas Carbon monoksida (CO)
Gas Carbon monoksida adalah suatu gas yang mudah menyala dan dapat meledak bila bercampur dengan udara , terlebih jika terdapat suhu yang cukup tinggi (>60°C).
2.Menyerap Oksigen (O2) dari udara.
Sehubungan dengan sifatnya yang menyerap Oksigen, maka dalam proses ini akan menaikkan suhu muatan, dan makin tinggi suhu makin tinggi kemampuan daya serapnya. Reaksi ini terus berlangsung dan akhirnya suatu ketika akan terbakar dengan sendirinya. Peristiwa ini disebut “Spontaneous Combustion”.
3.Mudah Runtuh.
Muatan Batu Bara umumnya memiliki “Sudut Runtuh” (angle of repose), ± 35° terhadap sisi menggunung dengan bidang datar. Sehingga jika kapal mengoleng melebihi sudut tersebut, maka muatan akan runtuh atau longsor.
Untuk mengatasi terjadinya pergeseran muatan atau longsongnya muatan curah, biasanya dipasang Shifting boards.
Bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan oleh muatan Batu bara curah adalah :
1.Dapat terbakar sendiri
2.Dapat Meledak
3.Dapat runtuh
Persiapan ruang muat untuk muatan batu bara curah.
1.Palka dibersihkan seluruhnya
2.Semua penerapan (dunnage) harus dilepas
3.Got-got palka dibersihkan dan pompa lensa dicoba dan hatus berfungsi baik
4.Lubang-lubang got pada geladak antara harus ditutup terpal
5.Papan-papan penutup got ditutup terpal dan kedap
6.Semua aliran listrik kedalam ruang muat ditiadakan
7.Shifting board dipasang pada tempat-tempat yang diperlukan.
Tindakan pengamanan Penanganan Muatan Batu bara curah :
1.Muatan batu bara saat pemuatan jangan dicurah dari tempat yang tinggi
2.Kondisi muatan tidak menggunung
3.Tidak dibenarkan mengadakan Ventilasi (sirkulasi) udara dalam muatan
4.Peranginan diberi hanya pada permukaan untuk mengeluarkan Gas Carbon Monoksida
5.Kedua sisi lambung dalam palka terisi penuh
6.Pengukuran suhu ruang muat minimal 2(dua) kali sehari
7.Untuk menurunkan suhu udara ruang muat gunakan uap pendingin
Bila terdapat kenaikan suhu yang tidak wajar harus dianggap sebagai peringatan dini akan terjadi kebakaran dan hal ini dapat diatasi dengan :
1.Semprotkan air sekitar permukaan muatan yang diduga terbakar atau masukkan uap pendingin kedalam palka sehingga mengeluarkan semua udara dan gas yang ada dalam palka
2.Kerugiannya jika batu bara telah terbakar dan memasukkan uap pendingin, maka akan membentuk Gas air.
Mungkin itulah yang dapat kami sampaikan kali ini,semoga menambah pengetahuan kita tentang muatan curah, oh iya Saat ini Banyak Perubahan Sertfikat Mulai Dari AB / Oiler Yang Ingin Kerja Di Kapal Supply, Cruise Ship Dan Tanker Ada Khusus Sertifikatnya, Dan Jika Suatu Saat ada Lowongan Kerja Pelaut Di Kapal Bisa Anda Lebih Dahulu Naik Maka Mulai Saat ini Coba Lihat Daftar Sertifikat Apa saja Pendukungnya, jika di Rig Pasti Anda Harus Punya Sertifikat Rigging Slinging,Bisa Anda Coba Tanya Ke BINA SENA MARITIME SIMULATOR CENTRE. Jl.Serayu Raya no.366 Semper Barat, Jakarta utara
Muatan curah umumnya dikapalkan dengan menggunakan kapal-kapal curah (Bulk carrier), dimana kapal tersebut dibangun dengan konstruksi khusus, baik dinding-dinding palkanya maupun sistem penataan lensanya.
Bagi kapal-kapal yang bukan khusus untuk muatan curah (Cargo ship) yang digunakan untuk mengangkut muatan curah, maka persiapan ruang muatnya perlu mendapat perhatian lebih, khususnya pada penutup got-got palka. Untuk itu papan-papan penutup got palka harus ditutup terlebih dahulu dengan terpal dan kemudian ditutup lagi dengan papan-papan sehingga benar-benar kedap muatan untuk mencegah masuknya muatan kedalam got.
# Baca Terlebih Dahulu Apa Itu Cargo Pump Kapal Tanker
Batu Bara
Muatan Batu Bara yang dimuat secara curah juga termasuk muatan berbahaya. Untuk itu dalam Penanganan dan pengaturannya, perlu diketahui bahwa Jenis muatan ini memiliki sifat-sifat khusus yaitu :
1.Mengeluarkan Gas Carbon monoksida (CO)
Gas Carbon monoksida adalah suatu gas yang mudah menyala dan dapat meledak bila bercampur dengan udara , terlebih jika terdapat suhu yang cukup tinggi (>60°C).
2.Menyerap Oksigen (O2) dari udara.
Sehubungan dengan sifatnya yang menyerap Oksigen, maka dalam proses ini akan menaikkan suhu muatan, dan makin tinggi suhu makin tinggi kemampuan daya serapnya. Reaksi ini terus berlangsung dan akhirnya suatu ketika akan terbakar dengan sendirinya. Peristiwa ini disebut “Spontaneous Combustion”.
3.Mudah Runtuh.
Muatan Batu Bara umumnya memiliki “Sudut Runtuh” (angle of repose), ± 35° terhadap sisi menggunung dengan bidang datar. Sehingga jika kapal mengoleng melebihi sudut tersebut, maka muatan akan runtuh atau longsor.
Untuk mengatasi terjadinya pergeseran muatan atau longsongnya muatan curah, biasanya dipasang Shifting boards.
Bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan oleh muatan Batu bara curah adalah :
1.Dapat terbakar sendiri
2.Dapat Meledak
3.Dapat runtuh
Persiapan ruang muat untuk muatan batu bara curah.
1.Palka dibersihkan seluruhnya
2.Semua penerapan (dunnage) harus dilepas
3.Got-got palka dibersihkan dan pompa lensa dicoba dan hatus berfungsi baik
4.Lubang-lubang got pada geladak antara harus ditutup terpal
5.Papan-papan penutup got ditutup terpal dan kedap
6.Semua aliran listrik kedalam ruang muat ditiadakan
7.Shifting board dipasang pada tempat-tempat yang diperlukan.
Tindakan pengamanan Penanganan Muatan Batu bara curah :
1.Muatan batu bara saat pemuatan jangan dicurah dari tempat yang tinggi
2.Kondisi muatan tidak menggunung
3.Tidak dibenarkan mengadakan Ventilasi (sirkulasi) udara dalam muatan
4.Peranginan diberi hanya pada permukaan untuk mengeluarkan Gas Carbon Monoksida
5.Kedua sisi lambung dalam palka terisi penuh
6.Pengukuran suhu ruang muat minimal 2(dua) kali sehari
7.Untuk menurunkan suhu udara ruang muat gunakan uap pendingin
Bila terdapat kenaikan suhu yang tidak wajar harus dianggap sebagai peringatan dini akan terjadi kebakaran dan hal ini dapat diatasi dengan :
1.Semprotkan air sekitar permukaan muatan yang diduga terbakar atau masukkan uap pendingin kedalam palka sehingga mengeluarkan semua udara dan gas yang ada dalam palka
2.Kerugiannya jika batu bara telah terbakar dan memasukkan uap pendingin, maka akan membentuk Gas air.
Mungkin itulah yang dapat kami sampaikan kali ini,semoga menambah pengetahuan kita tentang muatan curah, oh iya Saat ini Banyak Perubahan Sertfikat Mulai Dari AB / Oiler Yang Ingin Kerja Di Kapal Supply, Cruise Ship Dan Tanker Ada Khusus Sertifikatnya, Dan Jika Suatu Saat ada Lowongan Kerja Pelaut Di Kapal Bisa Anda Lebih Dahulu Naik Maka Mulai Saat ini Coba Lihat Daftar Sertifikat Apa saja Pendukungnya, jika di Rig Pasti Anda Harus Punya Sertifikat Rigging Slinging,Bisa Anda Coba Tanya Ke BINA SENA MARITIME SIMULATOR CENTRE. Jl.Serayu Raya no.366 Semper Barat, Jakarta utara