Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

SOAL JAWAB : METEOROLOGI Ilmu Pelayaran

PBKuta
Januari 31, 2016
Last Updated 2016-01-31T16:41:19Z
masukkan script iklan disini
Pelaut Online - SOAL JAWAB : METEOROLOGI Ilmu Pelayaran, Pada awal dibuatnya website ini, kami telah posting pengrtian dan definisi serta arti tentang ilmu meteorologi yang kesemua mencakup ilmu alam, dan pastinya sangat berguna bagi para pelaut yang bekerja diatas kapal dunia maritim kepelabuhanan, untuk kesempatan ini mungkin bagi kita bisa menambah pengetahun dengan cara melatih kemampuan melalui soal jawaban agar ilmu tersebut tidak hilang dari ingatan

Berikut ini daftar soal dan jawab ilmu meteorology yang bisa anda pelajari bagi yang ikut ujian UAD maupun UKP dimana saja anda kursus / sekolah untuk meningkatkan ijazah kompetensi, semoga berguna dan bermanfaat dilain waktu kita akan bagikan ilmu pelayaran datar, ilmu pelayaran astronomi Namun Anda Bisa Kompres soal jawaban ini ke format PDF

SOAL JAWAB : METEOROLOGI Ilmu Pelayaran

Apakah yang di maksud dengan ilmu cuaca dan lapisan mana gejala tersebut terjadi? sebutkan lapisan-lapisan atmosfer dari bawah ke atas serta jelaskan bagaimana keadaan temperatur masing-masing lapisan ?
jawab
a.ilmu cuaca adalah ilmu yang mempelajari dan membicarakan berbagai gejala dan peristiwa yang terjjadi di dalam atmosfer yang mmengelilingi bumidan gejala tersebut terjadi di lapisan TROPOSFER.
b. lapisan –lapisan atmosfier dari bawa ke atas serta keadan temperatur masing-masing.

  • lapisan trofosfer yaitu lapisan terbawa dari atmosfer bumi, umumnya temprratur udara menurun terhadap kenaikan tinggi dengan laju penurunan sekitar 6- 7 kilo meter.
  • lapisan stratosfer adalah lapisandi atas tropopause di mulai dari atas sampai ketinggian antara 50 –55 KM.Pada lapisan statosfer umumnya temperatur mula-mula tetap sampai pada ketinggian sampai dengan 20 km  yang disebut juga sebagai lapisan isotermik
  • lapisan mesosfer di dapati penurunan temperatur terhadap kenaikan tinggi di mana       penurunan temperatur tersabut dapat mencapai 90º atau lebih rendah yang akan di capai pada ketinggian ± 80 km
  • lapisan thermosfer akan di tandai dengan naiknya temperatur udara terhadap kenaikan tinggi,karena lapisan tersebut berhubungan langsung dengan angkasa luar dan gas²  planet.

Apakah yang di maksud dengan kondensasi.  
Apakah syarat- syarat untuk terjadi nya kondensasi dalam atmosfer dan jelaskan pula dalam bentuk apa saja jawahasil kondesasi uap air dalam atmosfer bumi.
Jawab:
a.  yang di maksud kondensasi dalam atmosfer adalah proses di mana uap air dalam atmosfer
     berubah menjadi titik air atau uap.
b. Syarat- syarat untuk menjadi kondensasi dalam atmosferadalh mula-mula atmosfer atau
    udara bersangkutan menjadi jenuh atau adanya inti kondensasi atau inti pembekuan dalam  
    atmosfier atau pembekuan dalam atmosfer atau dalam udara  yang bersangkutan.

Sebutkan alat-alat di kapal yang dapat menentukan tekanan udara di suatu tempat,dan Jelaskan secara singkkat prinsip kerja dari salah satu pengukur tekanan udara 
JAWAB.
A alat-alat pengukur tekanan udara antara lain:
1. Barometer air raksa
2. Barometer aneroit atau thermometer logam
3. Barograph

Cara kerja barometer aneroid adalah di dasarkan dasar kotak vidi akan menjadi kembang,kalau tekanan udara berkkurrang (jenuh) dan akan menjadi kempes kalau nilai tekkanan kalau nilai tekkananudara bertambah besar (naik)gerakan menggembung–kempis kotak vidi tersebut di salurkan kepada sebuah jarum penunjuk  yang di putar-putar di atas skala tekanan udara.

Bagaimana keadan cuaca pada umumnya yang terjadi disekitar pusat sebuah siklon tropis 
Jawab  :
Keadaan cuaca sekitar pusat siklon tropis angin bertiup sangat kencang /amat besar yang dapat memcapai bahkan melebihi seratus knots.
Sedangkan pada pusat siklon tropis sendiri terdapat daerah dengan cuaca yang sangat cerah dan angin teduh.Daerah ini disebut/dikenal dengan sebutan ; EYE OF STORN;.
Siklon tropis mencapai lintang lintang yang makin tinggi maka EYE OF THE STORM makin besar.
Disekitar pusat siklon tropis dan diluar EYE OF THE STORM terdapat banyak awan  akibatnya
 1.Hujan lebat dan angin yang berkecepatan sangat besar
 2. Permukaan laut yang bergelombang sangat tinggi.
 3. Petir dan guntur serta kilat dan sebagainya.  

Apakah yang disebut sebagai gelombang pasang siklon dan jelaskan pula sebab sebab bagaimana terjadinya gelombang pasang siklon tropis tersebut.
Jawab  :
Keadaan permukaan laut pada pusat siklon tropis adalah lebih tinggi dari pada air laut sekitarnya.
Keadaan tersebut disebabkan karena air permukaan laut dan sekitarnya terkumpul kepusat siklon tropis oleh angin angin yang mengalir dari segala jurusan dan menuju kepusat siklon tropis tersebut.-
Terjadi gelombang pasang siklon tropis pada pusat siklon tropis turut bergeser dengan siklon tropis yang bersangkutan.

Akan tetapi sewaktu waktu dapat melepaskan diri dari siklon tropis tsb dan bilamana gelombang pasang inimencapai pantai dapt menimbulkan bencana alam.
Gelombang pasang siklon tropis tsb dapat menimbulkan bencana alam yang dahsyat,bila gelombang pasang ini masuk kedalam kedalam teluk yang berbentuk huruf V.-

Apakah yang di maksud dengan tekanan udara?
Jawab: yang di maksud dengan tekanan udara sdalah tekanan atmosfer pada suatu permukaan. Atmosfer bumi terdiri dari berbagai macam molelul-molekul dan atom-atom , selalu bergerak ke segala arah akibat nya terjadi benturan – benturan molekul- molekul tersebut dan atom-atom dengan suatu permukaan yang luasdan akan menghasilkan suatu gaya. Dapat pula di katakan pula bahwa tekanan udara gaya persatuan luas.

Alat untuk mengukur tekanan udara yaitu BAROMETER.satuan tekanan udara : MILIBAR atau mmhg.
Apakah yang di maksud dengan garis isobar?
Jawab: yang di maksud dengan garis isobar yaitu; garis yang menghubung kan tempat-tempat yang bertekanan udara sama.

Apakah yang di sebut dgn amplitudo temperatur harian.?
Jawab: yang di maksud dengan amplitudo temperatur harian adalah nilai perbedaan antara temperatur tertinggi dengan nilai temperatur terendah selama satu hari.

Apakah yang di sebut amplitudo temperatur tahunan.?
Jawab: yang di maksud dengan amplitudo temperatur tahunan adalah nilai perbedaan antara temperatur tertinggi dengan nilai terendah dalam kurun waktu satu tahun.

- Apakah yang dimaksud dengan isobar tertutup dan isobar tidak tertutup ?
Jawab: isobar tertutup adalah isobar-isobar yg mengelilingi daerah tekanan rendah dan daerah tekanan tinggi,sedangkan yang dimaksud dengan isobar yang terbuka atau tidak tertutup adalah isobar-isobar yang hampir sejajar.

-Sistim tekanan udara apa yang termasuk masing-masing dalam sistem isobar tertutup dan system isobar tidak tertutup
Jawab:
1.System isobar tertutup dan
2. system isobar tidak tertutup terdiri dari system-system tekanan rendah atau system tekanan siklonal dan system-system tekanan tinggi atau system-system tekanan anti siklonal.

Fakor-faktorapa yang mempengaruhi amplitudo temperatur harian dan apa yang yang mempengaruhi temperatur tahunan serta  jelskan pula pengaruhnya masing-masing
Jawab:
Amplitudo temperatur harian 
Besar kecilnya nilai amplitudo temperatur harian dipengaruhi oleh faktor,seperti berikut:
1.lintang tempat penilik
2.sifat permukaan dimana stasiun penilik berada dan
3.banyak atau kurangnya awan yang meliputi langit.

Pengaruh lintang tempat pemilik
Nilai amplitudo temperatur harian di daerah eguatorial adalah lebih besar dari daerah sedang : hal ini sudah di mengerti karena equatorial , tinggi kulminasi atau matahafi sepanjang tahun adalah besar, sedang kan di daerah sedang tinggal kulminnasi atas mataharipada umum nya adalah kecil  khususnya di daerah winter.

Pengaruh sifat permukaan bumi
Nilai amplitudo temperatur harian di atas lautan pada umum nya lebih kecil dari pada di atas daerah- daerah hutan .

Pengaruh awan yang meliputi langit
Pada hari yang cerah ,nilai amplitudo temperatur harian lebih besar dari pada hari di mana langit di liputi banyak awan , hal ini mudah di mengeri karena lapisan awan-awan membatasi intensitas penyiunaran mmatahari terhadap permukaan bumi.

Amplitudo temperatur tahunan
 Besar kecil nya temperatur tahunan di pengaruhi oleh lintang tempat penilik ,didaerah equatorial ,nilai temperatur tahunan lebih kecil dari pada daera sedang. Hal ini mudah dimengerti  karena daerah sedang menalami 4 macam musim dalam setahun,sedang kan di daerah equatorial sepanjang tahun musim panas.

Jalan harian temperatur udara 
Saat-saat di capai nya nilai –nilai minimum temperatur udara berbeda untuk antara equatorial dan daerah sedang . di daerah equuatorial sepanjang tahun sat terbit nya matahari adalah sekitar jam 06 pagi.sedangkan di daerah sedang saat-saat terbit nya matahari musim winter adalah jauh lewat jam 06 pagi dan di waktu musim summer jauh sebelum dari jam 06 pagi.

Jelaskan masing – masing apa yang di sebut dengan .
a. Panjang gelombang
b. Tinggi gelombang
c. Periode gelombang
Jawab:
A Panjang gelombang adalah jarak horisontal duah buah puncak lembah gelombang

B .Tinggi gelombang adalah jarak vertikal antara puncak gelombang dengan lembah gelombang..          
C.Periode gelombang adalah jangka waktu yang di butuhkan sebuah gelombang untuk menempuh jarak sama dengan panjan gelombang.
Berkaitan dengan kecepatan dan panjang gelombang itu sendiri:
Bila panjang gelombang ( L ) Kecepatan gelombang ( V ) Priode gelombang ( P ) L = PXV maka prode gelombang = L : V.

Jelaskan unsur–unsur yang dapat digunakan sebagai tanda adanya atau mendekatnya sebuah siklon tropis.
Jawab :
a). Tekanan udara turun jauh dibawah nilai normal
b). Angin penyimpangan arah angin keadaan rata–rata arah angin didaerah tersebut
c). Swell ( Alun ) adanya perubahan  alun karena perjalanan swell lebih besar dari pada kecepatan bergesernya.
d). Awan-awan cirrus dan cirrus cumulus yag teersususn dalam baris–barisan yang menuju kesuatu pusat dilangit.

Apakah yang dimaksud masing masing daerah tekanan rendah ( daerah siklon ) dan daerah tekanan tinggi ( dearah anti siklon ). Jelaskan mengapa pada satu daerah dengan isobar yang dapat mempunyai kecepatannya yang lebih besar dari pada daerah yang jarang/renggang.
Jawab
A).Daerah tekanan rendah ( daerah siklon ) adalah suatu sistim dimana terdapat tekanan rendah dipusatnya dan makin jauh dari pusat tekanan udara makin berkurang serta dikelilingi satu atau lebih isobar tertutup

Daerah tekanan tinggi ( anti siklon ) adalah  suatu sistim dimana terdapat tekanan tinggi dipusatnya dan makin jauh dari pusat tekanan udara makin berkurang serta dikelilingi satu atau lebih isobar tertutup.
Jawab : b
Pada suatu daerah dengan isobar yang rapat mempunyai kecepatan yang lebih besar dari pada daerah yang jarang ,karena isobar yang rapat dimisalkan seseorang bergerak memotong tegak lurus isobar tsb dari tekanan tinggi ketekanan rendah.

Apakah yang menyebabkan terjadinya gelombang laut dan masing gelombang yang disebabkannya.
Jawab :
Gelombang pada permukaan air laut pada umumnya terjadi karena adanya tiupan angin diatas permukaan laut yang bersangkutan. Makin besar kecepatan atas kekuatan angin dan makin lama anginitu bertiup,makin besaar atau tinggi gelombang yang ditimbulkannya.
* Dan masing2gelombang yang ditimbulkannya adalah
a. Wind wave atau Sea wave (ombak).
b. Swell Wave (alun).

AD. a ). Wind Wave ( ombak )
 Jika gelombang yang terjadi dipermukaan air laut disebabkan oleh angin yang bertiup didaerah tsb pada saat tsb,maka gelombang tsb dinamakan ombak.

AD. B ). Karena gerakan gelombang hampir tidak mengalami gaya gesekan, dan juga karena gerakan gelombang hampir-hampir tidak mengalami gaya gesekan dan juga karena kecepatan gerak gelombang2 tsb sangat besar,maka gelombang tersebut diatas permukaanair laut,dapat mencapai jarak yang sangat jauh,bahkan dapat sampai pada tempat dimana pengaruh langsung dari angin yang menjadi penyebab timbulnya gelombang tsb sudah tidak ada lagi, gerakan gelombang tersebut sering dapat mencapai suatu daerah yang jauhnya melebihi 1000 nautical mil. Ditempat asalnya gelombang tersebut timbul/sering pula terjadi bahwa angin yang langsung menyebabkan terjadinya gelombang tsb sudah lama behenti,namun sisa gelombang yang disebabkanya  masih terus ada Gerakan gelombang yang demikian dinamakan Alun.

Apakah yang di maksud dengan jenis udara atau massa udara dan bagaimana jenis udara tersebut dapat di bentuk.

B .Apakah yang di maksud dengan sumber jenis udara dan bagaimana syarat-syarat suatu daerah untuk dapat menjadi sumber jenis udara.
Jawab: a. mssa udara atau jenis udara adalah suatu massa dari udara yang luas nya berjata-juta kilometer persegi dan tebalnya sekurang–kurangnya satu kilometer di mana dari lapis ke lapis yang horisontal mempunyai sipat fisik yang sama jenis,udara tersebut dapat berbentuk harus memenuhi syarat- syarat sbb:
1. berdasarkan geograpis daerah sumbernya .
2. berdasarkan sipat daerah sumbernya.
3. berdasarkan sipat- sipat udara yang datang.
c. daerah sumber massa udara adalah suatu daerah di permukaan bumi di mana di atasnya dapat berbentuk suatu massa udara .

Syarat-syarat yang di penuhi daerah sumber massa udara 
a.daerah permukaan bumi tersebut harus luas sekali.
b. daerah permukaan bumi tersebut harus mempunyai permukaan yang sama ( homogen/ sejenis )
d. daerah permukaan bumi tersebut harus mempunyai keadaan yang memungkinkan  massa udara di atas nya untuk bertahan atau bertambat tinggal beberapa lama di daerah tersebut.

Apakah yang dimaksud dengan siklon tropis ? dan jelaskan keadaan cuaca di sekitar siklon tropis dan tuliskan wilayah mana saja yang sering terjadi siklon tropis  setiap tahunnya?
Jawab :
A. Siklon yang terjadi didaerah sistim tekanan tinggi sub tropis pada musim panas                                                        
B.keadaan cuaca disekitar siklon tropis angin bertiup dgn kecepatan yang amat besar dapat mencapai 100 knot, sedangkan pada pusat siklon tropis terdapat daerah dengan cuaca cerah dan angin teduh.

Dan daerah-daerah yang sering terjadi siklon tropis yaitu 
1.Lautan atlantik utara dimana termasuk perairan hindia barat.
2.laut disebelah tenggara pasifik utara .
3.pasifik utara termasuk daerah laut yang terbentang dari laut cina selatan sampai kejepang.
4.laut arab,teluk benggala dan pantai india.
5.lautan pasifik selatan dan perairan australia.

Sebutkan gaya-gaya yang mempengaruhi gerakan arus angin? serta Jelaskan penyebab gaya-gaya tersebut serta jelas kan pula pengaruh masing-masing?
Jawab:
a.gaya yg mempengaruhi arus angin:
1.gaya gradien tekanan udara yang disebut juga gaya tekan.
2.gaya corioli yang merupakan gaya semu yg disebabkan oleh adanya perputaran bumi pada porosnya atau rotasi.
3.gaya hambat adalah gaya yang timbul disebabkan oleh adanya gesekan antara masa udara yang bergerak dengan permukaan bumi.
4. gaya sentrifugal ialah gaya semu yang akan timbul apabila gerakan arus angin membelok atau melengkung.

Apakah yang dimaksud dengan isobar tertutup dan isobar tidak tertutup ?
Jawab: isobar tertutup adalah isobar-isobar yg mengelilingi daerah tekanan rendah dan daerah tekanan tinggi,sedangkan yang dimaksud dengan isobar yang terbuka atau tidak tertutup adalah isobar-isobar yang hampir sejajar.

Baca Postingan Lainya Yaitu :

  • Bagaimana Cara Terbaru Cek Sertifikat Online Pelaut Dengan Mudah
  • Contoh Surat Lamaran Kerja Pelaut AB, Rating, Oiler, Chef Cook Dan Perwira Kapten
  • Daftar Lengkap Biaya Kursus Semua Sertifikat Di STIP Jakarta
  • Harga Tiket Kapal PELNI Terbaru 2016 Serta Alamat Kantor Agency
  • iklan
    Komentar
    komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
    • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl