masukkan script iklan disini
Pelaut Online - Materi Kompas Dan Kemudi Serta Istilah-istilah ilmu Pelayaran, banyak teman pelaut dalam minggu ini didalam group yahoo dan facebook bertanya tentang lowongan kerja, dimana saat ini memang kita akui sangat banyak pelautbasis / pemula telah menyelesaikan kursus ambil sertifikat dasar dan mereka telah pegang semua sertifikat tersebut,namun kenyatanyaanya masih saja belum ada kapal yang cocok dan buka loker.
Seperti hari ini kami menerima email agar membagikan alamat kantor perusahaan Korea ( general Cargo ) dan ada juga tanya perusahaan offshore singapur dan malaysia, ada juga yg cari kapal pesiar dan kontainer serta tanker,namun untuk info tersebut belum ada info yang kami terima jadi minggu ini untuk kami tidak ada share alamat kantor tersebut.
Berikut ini adalah artikel tentang kompas kemudi ( compass steering ) yang kami kutip dari berbagaisumber dan hanyak singkat saja kamu update disini, semoga bisa menambah wawasan kita
sumber gambar dari google image
Gyroscope : ialah suatu benda yang berputar secara cepat yang dapat mempertahankan kedudukannya diangkasa .
Cara memanfaatkan gyroscope agar dapat dipakai sebagai pedoman gasing yaitu diperlukannya kombinasi dari sifat gyroscope ( kedudukan tetap dan presesi ) serta rotasi bumi dan hukum
gaya berat. Kombinasinya yaitu : tilting , drift , presesi dan peredam.
Faktor yang mempengaruhi sifat gyroscope adalah :
- tilting ( rotasi bumi )
- drift ( rotasi bumi )
- presesi ( gaya berat )
- peredam
Bagian unit instalasi pedoman gasing
- master compass
- repeaters compass
- power supply
- amplifier panel dan control panel
- alarm unit
Peka ialah bila dalam kemiringan dia cepat kembali kesemula
syarat peka :
- mempunyai momen magnetic yang besar
- berat piringannya harus kecil
Tenang ialah bahwa piringan tidak mudah di dorong keluar dari keadaan seimbang
Syarat tenang :
- waktu goyang piringan tidak harmonis dengan waktu goyang kapal
- pada tiang semat dan tutupnya / sungkup harus dalam keadaan baik
- momen lembam besar
Bunyi Hukum gasing I : sebuah gasing yang berputar cepat, yang terpasang bebas dalam 3 (tiga) bidang, salah satu ujung porosnya akan menunjuk ke suatu titik tetap di angkasa.
Bunyi Hukum gasing II: sebuah gasing yang berputar sangat cepat, pada porosnya bekerja sebuah Koppel, maka poros itu tidak bergerak kea rah Koppel (pada bidang Koppel), tetapi bergerak kesuatu arah yang tegak lurus terhadapnya.
Garis layar (lubber line) adalah garis pada ketel pedoman yang menunjukan letak garis / bidang lunas linggi (mid ship). Hubungan garis layar dengan nilai deviasi pada waktu menentukan nilai deviasi harus menggunakan
- harus menggunakan haluan dan haluan harus menggunakan garis layar yang benar, jika garis layar salah haluan juga salah dengan sendirinya nilai deviasi salah.
Cara memperbaiki garis layar adalah dengan cara :
- membaring 2(dua) pilar dikiri/kanan haluan simetri kapal.Kemudian kedua benda tersebut dibaring berurut dari kiri/ kanan dengan patokan tiang bendera yang jauh dihaluan selisih kedua baringan tersebut diambil rata rata ialah nilai correction garis layar.
Presesi adalah suatu gerakan pada poros sebuah gasing yang berputar sangat cepat, bekerja suatu kopel, dan poros itu tidak bergerak kearah kopel tetapi ke suatu arah yang tegaklurus terhadapnya.
Tilting adalah suatu gerakan pada poros sebuah gasing berputar sangat cepat kearah equator.
Drift adalah suatu gerakan pada poros sebuah gasing berputar sangat cepat kearah kutub.
MAGNITISME
Bagaimana Cara Terbaru Cek Sertifikat Online Pelaut Dengan Mudah
Contoh Surat Lamaran Kerja Pelaut AB, Rating, Oiler, Chef Cook Dan Perwira Kapten
Daftar Lengkap Biaya Kursus Semua Sertifikat Di STIP Jakarta
Harga Tiket Kapal PELNI Terbaru 2016 Serta Alamat Kantor Agen Di Indonesia
Seperti hari ini kami menerima email agar membagikan alamat kantor perusahaan Korea ( general Cargo ) dan ada juga tanya perusahaan offshore singapur dan malaysia, ada juga yg cari kapal pesiar dan kontainer serta tanker,namun untuk info tersebut belum ada info yang kami terima jadi minggu ini untuk kami tidak ada share alamat kantor tersebut.
Berikut ini adalah artikel tentang kompas kemudi ( compass steering ) yang kami kutip dari berbagaisumber dan hanyak singkat saja kamu update disini, semoga bisa menambah wawasan kita
Gyroscope : ialah suatu benda yang berputar secara cepat yang dapat mempertahankan kedudukannya diangkasa .
Cara memanfaatkan gyroscope agar dapat dipakai sebagai pedoman gasing yaitu diperlukannya kombinasi dari sifat gyroscope ( kedudukan tetap dan presesi ) serta rotasi bumi dan hukum
gaya berat. Kombinasinya yaitu : tilting , drift , presesi dan peredam.
Faktor yang mempengaruhi sifat gyroscope adalah :
- tilting ( rotasi bumi )
- drift ( rotasi bumi )
- presesi ( gaya berat )
- peredam
Bagian unit instalasi pedoman gasing
- master compass
- repeaters compass
- power supply
- amplifier panel dan control panel
- alarm unit
Peka ialah bila dalam kemiringan dia cepat kembali kesemula
syarat peka :
- mempunyai momen magnetic yang besar
- berat piringannya harus kecil
Tenang ialah bahwa piringan tidak mudah di dorong keluar dari keadaan seimbang
Syarat tenang :
- waktu goyang piringan tidak harmonis dengan waktu goyang kapal
- pada tiang semat dan tutupnya / sungkup harus dalam keadaan baik
- momen lembam besar
Bunyi Hukum gasing I : sebuah gasing yang berputar cepat, yang terpasang bebas dalam 3 (tiga) bidang, salah satu ujung porosnya akan menunjuk ke suatu titik tetap di angkasa.
Bunyi Hukum gasing II: sebuah gasing yang berputar sangat cepat, pada porosnya bekerja sebuah Koppel, maka poros itu tidak bergerak kea rah Koppel (pada bidang Koppel), tetapi bergerak kesuatu arah yang tegak lurus terhadapnya.
Garis layar (lubber line) adalah garis pada ketel pedoman yang menunjukan letak garis / bidang lunas linggi (mid ship). Hubungan garis layar dengan nilai deviasi pada waktu menentukan nilai deviasi harus menggunakan
- harus menggunakan haluan dan haluan harus menggunakan garis layar yang benar, jika garis layar salah haluan juga salah dengan sendirinya nilai deviasi salah.
Cara memperbaiki garis layar adalah dengan cara :
- membaring 2(dua) pilar dikiri/kanan haluan simetri kapal.Kemudian kedua benda tersebut dibaring berurut dari kiri/ kanan dengan patokan tiang bendera yang jauh dihaluan selisih kedua baringan tersebut diambil rata rata ialah nilai correction garis layar.
Presesi adalah suatu gerakan pada poros sebuah gasing yang berputar sangat cepat, bekerja suatu kopel, dan poros itu tidak bergerak kearah kopel tetapi ke suatu arah yang tegaklurus terhadapnya.
Tilting adalah suatu gerakan pada poros sebuah gasing berputar sangat cepat kearah equator.
Drift adalah suatu gerakan pada poros sebuah gasing berputar sangat cepat kearah kutub.
MAGNITISME
- Magnit = Besi atau baja yang dapat menarik besi atau baja lain.
- Para Magnet = Benda yang adapat tertarik oleh sebuah magnet (besi, baja, nikel).
- Dia Magnet = Benda yang tertolak oleh sebuah magnet (timah hitam, besi murni).
- Magnet Permanent = Magnetisme yang di induksikan dalam besi keras.
- Magnet Transian = Magnetisme yang di induksikan dalam besi lunak.
- Magnet Remanen = Magnetisme yang di induksikan dalam besi setengah keras.
- Medan Magnet = Ruangan sekeliling magnet dalam mana pengaruh magnet dirasakan.
- Arah Medan = Arah garis gaya dalam medan magnet.
- Kuat Medan = Penarikan atau penolakan magnetik pada sebuah satuan kutub.
- Medan Magnetik Homogen = Medan dari garis-garis gaya yang berjalan sejajar.
- Momen Magnetik Sebuah Jarum = Panjang jarum kali banyaknya magnet pada kutub.
- Kutub Magnetis Bumi = Titik di bumi dengan garis-garis gaya magnetis yang tegak lurus pada permukaan bumi ( = Inklinasi 90 derejat).
- Katulistiwa Magnetis = Garis lewat titik-titik dibumi yang garis gayanya magnetis sejajar dengan permukaan bumi ( = Inklinasi 0 ).
- Derajah Magnetis = Bidang vertikal dalam mana jarum magnet yang tergantung babas menempatkan diri hanya oleh magnet bumi.
- Variasi = Sudut antara derajah magnetik dengan derajah astronomi.
- Inklinasi = Sudut antara jarum yang ber inklinasi dengan bidang datar.
- Intensitas Total ( = P ) = Kekuatan medan magnetis bumi pada satuan kutub.
- Unsur-unsur Magnetik Bumi = Variasi, Inklinasi, Intensitas Horizontal.
- Isoklin = Garis lewat tempat yang inklinasinya sama.
- Isodinan = Garis yang lewat tempat-tempat yang intensitas horizontalnya sama.
- Daerah Gangguan Variasi = Tempat-tempat yang mengalami banyak penyimpangan dalam variasi terhadap sekelilingnya.
- Gangguan sekuler = Ganguan yang terjadi tiap tahunan dalam artian yang sama.
- Gangguan Berkala = Gangguan yang secara teratur pada waktu-waktu tertentu tiba kembali.
- Gangguan Mendadak = Gangguan yang terjadi oleh badai Magnetik, Gempa Bumi, Letupan Vulkanis.
- Isogon = Garis yang melewati tempat-tempat yang variesinya sama.
- Agon = Garis yang melewati tempat-tempat yang variasinya nol.
- Aklin = Garis yang melalui tempat-tempat yang nilai inklinasinya nol.