Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Isyarat Visual 1 Huruf Materi Artikel Ilmu Pelayaran

Kyu Enda
Januari 11, 2016
Last Updated 2016-01-11T10:47:48Z
masukkan script iklan disini
Pelaut Online -Isyarat Visual 1 Huruf Materi Artikel Ilmu Pelayaran, Pengisyaratan visual adalah Setiap Sistem komunikasi yang dapat mengidentifikasi atau Nama Panggilan dari suatu alat trasportasi laut dan udara, karena hal ini sangat erat kaitanya dengan keselamatan kerja,Salah satu penyebab kecelakaan kapal di laut,baik yang terjadi di laut  pedalaman maupun luas, sebut saja tubrukan, salah satunya kurang komunikasi antara kapal A- Dengan Kapal B ( contoh )

Belajar bendera isyarat visual dan artinya seperti yang telah kami terangkan pada bulan lalu bisa anda lihat kembali, semua kode-kode isyarat internasional dalam dunia kerja pelaut itu sangat penting nantinya.Karena Isyarat 1 huruf menunjukkan pengertian-pengertian yang sangat penting / urgent, atau sudah lazim digunakan dikapal
Isyarat Visual 1 Huruf Materi Artikel Pelayaran
gambar via kompasianan.com Flag Signals isyarat bendera 2 huruf

Berikut ini adalah daftar Isyarat Visual Satu Huruf Bender Dapat dilakukan dengan tiap metode pengisyaratan

A Saya mempunyai seorang penyelam di bawah air, jauhilah saya dengan kecepatan rendah.
B* Saya sedang memuat, atau membongkar, atau mengangkut muatan-muatan yang berbahaya.
C Ya (persetujuan atau pengertian kelompok-kelompok sebelumnya harus diberikan makna yang menyatakan persetujuan.
D*Menjauhlah dari saya; saya sedang mengalami kesulitan  mengolah gerak.
E* Saya sedang mengubah haluan saya ke kanan
F Saya tidak dapat mengolah gerak; berkomunikasilah  dengan saya
G Saya minta pandu.
Apabila digunakan oleh kapal-kapal nelayan yang menangkap ikan, berarti : “Saya sedang mengangkat jaring.”
H Di kapal saya ada pandu.
I* Saya sedang mengubah haluan saya ke kiri
J Saya mengalami kebakaran dan mempunyai muatan berbahaya di kapal; menjauhlah dari saya.
K Saya hendak berkomunikasi dengan anda
L Anda harus segera memberhentikan kapal anda
M Kapal saya berhenti dan tidak mempunyai laju terhadap air
N“Tidak”, artinya harus diberikan makna yang menyatakan penolakan atau ingkar. Isyarat ini hanya boleh diberikan secara visual atau dengan bunyi. Untuk pemancaran radio atau penggunaan suara, isyarat ini diucapkan sebagai “NO”.
O Orang jatuh ke laut.
P DI PELABUHAN  : Semua orang harus melaporkan diri ke kapal, sebab tak lama lagi kapal akan bertolak menuju ke laut.
DI LAUT : Isyarat ini dapat  digunakan oleh kapal nelayan yang berarti “Jaring saya tersangkut pada suatu rintangan”
Q Kapal saya “Sehat” dan saya minta pemeriksaan karantina.
S* Saya sedang mempekerjakan gerak dorongan mundur.
T* Mejauhlah dari saya; saya sedang memukat secara berpasangan.
U Kamu menuju ke tempat berbahaya
V Saya membutuhkan bantuan
WSaya membutuhkan bantuan medis
X Hentikanlah maksud anda dan perhatikanlah isyarat-isyarat saya.
Y Jangkar saya menggaruk

CATATAN :
Isyarat-isyarat dari huruf yang bertanda * apabila diberikan dengan bunyi, hanya boleh dilakukan guna memenuhi persyaratan dari Peraturan Internasional untuk mencegah Tubrukan di Laut, Aturan-aturan 34 dan 35.

Isyarat “K” dan “S” mempunyai pengertian khusus dalam isyarat pendaratan bagi perahu-perahu kecil yang berisikan anak kapal atau orang-orang yang mengalami musibah. (Konvensi Internasional untuk Keselamatan  Jiwa di laut 1974 Bab V Aturan 16).

A.dengan tiga angka : AZIMUTH atau BARINGAN
C.dengan tiga angka : HALUAN
D.dengan dua, empat atau enam angka : TANGGAL
G.dengan empat atau lima angka : BUJUR
(dua angka terakhir menyatakan menit dan yang lain menyatakan derajat)
K.dengan satu angka : Saya hendak berkomunikasi dengananda memakai ….. (Daftar Lengkapan I)
L.dengan empat angka : LINTANG (Dua angka pertama menyatakan derajat dan yang lainnya menit)
R.dengan satu angka atau lebih : JARAK dalam mil laut
S.dengan satu angka atau lebih : KECEPATAN dalam mil per jam (knot)
T.dengan empat angka : WAKTU SETEMPAT
   (dua angka pertama menyatakan jam dan yang lainnya menit).
V.dengan satu angka atau lebihKECEPATAN dalam kilometer perjam
Z.dengan empat angka : GMT (dua angka pertama menyatakan jam dan yang lainnya menit).

Contoh Aplikasi :
1.A120 : baringan sejati 120˚

2.C111 : haluan 111˚

3.D03 : tanggal 3 bulan ini tahun ini
D0309 : tanggal 3 bulan 9 tahun ini
D030908 : tanggal 3 bulan 9 tahun 2008

4.  G1234E : bujur 12˚34’E (East = Timur)
G12345W : bujur 123˚45’W(West = barat)

5.K1 : saya ingin berkomunikasi dengan semaphore
K2 : Saya ingin berkomunikasi dengan morse dengan bendera tangan

6.L1212N : lintang 12˚12’N (North = utara)
L0123S : lintang 01˚23’S (South = selatan)

7.R12 : jarak 12 mil laut

8.S19 : kecepatan 19 knots (mil/jam)

9.T0630 : jam 06.30 LT (=waktu setempat)

10.V25 : kecepatan 25 km/jam

11.Z0800 : jam 08.00 GMT

Baca Postingan Lainya Yaitu :


  • Cara Terbaru Cek Sertifikat Online Pelaut
  • Contoh Surat Lamaran Kerja Pelaut / CV


  • Itulah uraian Dan Pengertian Dasar Isyarat Visual, semoga defini singkat pelajaran isyarat ini dapat membantu kita diatas kapal, terimakasih
    iklan
    Komentar
    komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
    • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl