Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Cara Mudah KERJA Di Atas Kapal Pesiar, Tanker, Supply,Tug Boat Untuk Pelaut Pemula

Kyu Enda
Januari 24, 2016
Last Updated 2016-01-24T12:38:23Z
masukkan script iklan disini
Pelaut Online -TIPS Cara Mudah KERJA Di Atas Kapal Pesiar, Tanker, Supply,Tug Boat Untuk Pelaut Pemula, Nenek Moyangku seorang pelaut,Memiliki Lautan sangat luasmelintang dari sabang sampai marauke, dijajaran garis katulistiwa hampir penduduk indonesia mencari nafkah dari lautan, baik itu pria maupun wanita saat ini mengadu nasif di lautan walaupun banyak kapten bule /luar negeri suka dengan anda, Perusahaan - Perusahaan Begitu banyak namun apa daya saat ini sangat sulit mencari kerja kapal tentu ada penyebabnya !?

Bagi AB yang baru saja terjun dalam dunia kelautan khususnya pelayaran akan sangat sulit mencari kerja, karena informasi terkadang tidak ada, walaupun ada dari internet terkadang email perusahaan sudah tidak aktif, walaupun ada balasan mungkin bisa jadi itu adalah balasan email auto responding.

Lowongan kerja di kapal sebenarnya sangat banyak namun jangan lupa juga kalau yang mengganggur juga banyak didarat, oleh sebab itu jangan mengambil keputusan terlebih dahulu jika anda melihat iming-iming ada can terbaru baru dikapal, sebab banyak group dengan berbagai member tidak jelas identitasnya, pasti anda sudah tahu kalau banyak Pelaut yang tertipu oleh broker dengan bayar uang muka terlebih dahulu.

Cara Mudah KERJA Di Atas Kapal Pesiar, Tanker, Supply,Tug Boat Untuk Pelaut Pemula
cruise ship / kapal pesiar royal caribbean via pixabay.com
Berikut ini kami akan berikan sedikit bagaimana cara mendapatkan pekerjaan diatas kapal yang baik dan benar semoga berguna dan ada manfaat untuk anda.

1.Komunikasi dan surat lamaran kerja 
Point pertama hal yang paling penting adalah komunikasi anda, dunia maritim khusus bagi pelaut yang baru menerima sertifikat jangan anda anggap mudah kalau sudah terima sertifikat pasti akan naik kapal, seperti kami telah singgung diatas bahwa bukan anda saja yang ingin mau join, namun saingan anda sangat banyak,

Jadi pada awal anda ingin berlayar cobalah pendekatan dengan orang yang pernah berlayar, seperti dosen pembimbing anda, coba minta nomor telpone dia, sekali-kali coba tanya lowongan kerja dikapal, mungkin saja dia punya refrensi dari teman-teman dia.

Setelah anda membuat lamaran kerja, dan mengirim ke alamat perusahaan tersebut, sebaiknya anda coba tanyakan kepihak crewling apakah sudah menerima surat lamaran kerja anda, jangan-jangan belum mereka terima, jadi disini ada suatu komunikasi yang baik antara anda dengan perusahaan.

2,Pengalaman dan Sertifikat
Disini juga sangat berperan penting apakah anda cepat naik kerja diatas kapal atau tidak, sebab banyak perusahaan mereka mencari AB / Rating yang sesuai dengan posisi mereka, bisa anda bayangkan sejenak, kalau anda berlayat keluar negeri harus punya passport beda dengan anda hanya berlayar dilokal, namun sebaiknya anda lengkapi juga passport anda, walaupun kapal itu berlayar di indonesia, sebab jika kapal liar. tidak tetap linenya bisa saja mereka berlayar keluar negeri, tidak mahalkan buat passport ?

Cara Mudah KERJA Di Atas Kapal Pesiar, Tanker, Supply,Tug Boat Untuk Pelaut Pemula
sertifikat pelaut pertamina, sertifikat pelaut terbaruSTIP, macam macam sertifikat pelaut PIP, BP3IP
Disini juga sering ada kesalahan bagi PELAUT PEMULA, dia mau melamar kerja di kapal TANKER, sedangkan sertifikat yang anda punya hanya standar TUG BOAT, tentu saja anda tidak pernah dipanggil, oleh itu sesuaikan juga sertifikat anda begitu juga dengan yang bekerja di offshore / lepas pantai, setidaknya anda harus punya sertifikat rigging slinging dan itulah standar internasional

3.Wawancara
Bekerja dikapal, ketikan anda dipanggil kerja dan tentu ditanya pengalaman kerja pernah dimana, oleh sebab itu anda harus hapal dimana saja anda kerja dan jangka waktu sign on dan sing off  ( naik dan turun ) Terkadang ada perusahaan hanya via telpone sudah deal apakah anda diterima atau tidak,

Jadi alangkah baiknya membuat surat lamaran kerja itu sesuai dengan pengalaman anda, tidak usah dilebih - lebihkan maupun dikurangi,

Bagaimana jika anda disuruh datang kekantor untuk wawancara dan apa yang harus dipersiapkan ? menurut kami tetap apa yang anda tahu, ilmu apa yang anda dapat saat kursus, itulah yang baik dan jangan lupa, bagi pelaut pemula ada juga uji test seperti cara mengikat tali di border ke dermaga, membuat tali mooring, istilah bendera dan lampu, bawa kemudi kapal dan lainya yang dipelajar saat kursus ambil sertifikat basic safety tranning ( BST ) SCRB,AFF,MFA TF dan lainya

Jika anda ambil sertifikat untuk kapal Passanger dan juga tanker, jika memang belum naik, coba buka kembali buku panduan saat kursus karena itu sangat bermanfaat ketika anda kerja diatas kapal nantinya, sebab banyak pelaut pemula naik diatas kapal tidak tahu sama sekali kerja dan akhirnya di turunkan perwira ( Kapten / Nahkoda )

4.Keberuntungan
Kerja diatas kapal sama juga dengan didarat tetapi, anda harus PERCAYA, bahwa faktor keberuntungan itu ada, baik dari sisi gaji maupun jenis kapal yang dia naiki, seperti contoh, banyak orang bilang kalau naik dikapal AHTS  kerja layanin Rig harus punya sertifikat ringging slingging, walaupun anda tidak punya bisa saja perusahaan menyiapkan dana untuk sekolahkan / kursus anda ambil sertifikat itu. walaupun anda hanya minim pengalaman itu bisa saja terjadi dan sudah banyak yang mengalaminya.

5.Via Agency
Jika point diatas belum juga bisa didapatkan,sebaiknya anda cari broker agency kapal yang jelas, sebab banyak juga broker yang mengatas namakan anakperusahaan, tetapi semua tidak ada, oleh itu berhati-hati lewat broker, boleh anda pakai, tetapi bayar JIKA anda sudah naik diatas kapal, dan sudah resmi jadi crew ABK dikapal terebut.

Kesimpulan ;
Kerja diatas kapal harus dapat menyesuaikan keadaan jika anda bisa bertahan lama disana, kapal itu ibarat rumah dan satu keluarga semua, namun harus tahu posisi anda sebagai apa disana, jika hal kecil ini bisa anda terapkan saya yakin anda akan mudah dan gampang diterima kerja diatas kapal, sebab Nahkoda ataupun perwira deck mesin maupun dia seorang oiler atau koki sekalipun terkadang ada istilah kerja diatas kapal tidak ada sistim kontrak, jadi mereka bisa memanggil anda untuk kerja sama-sama disana

ARTINYA jika anda baik dan bagus disana walaupun surat perjanjin kerja lautsudah batas akhir bisa saja anda ditahan oleh para ABK terutama KAPTEN, namun walaupun anda di perjanjian kerja laut (PKL) 10 bulan habis kontrak bisa saja dalam 1 minggu ataupun sebulan anda sudah turun. JADI semua tergantung diri anda, bagaimana anda bergaul dengan menempatkan posisi diatas kapal

Baca Postingan Lainya Yaitu :
  • Bagaimana Cara Terbaru Cek Sertifikat Online Pelaut Dengan Mudah
  • Contoh Surat Lamaran Kerja Pelaut AB, Rating, Oiler, Chef Cook Dan Perwira Kapten
  • Daftar Lengkap Biaya Kursus Semua Sertifikat Di STIP Jakarta
  • Harga Tiket Kapal PELNI Terbaru 2016 Serta Alamat Kantor Agency

  • Itulah sedikit kiat untuk pelaut pemula yang ingin kerja diatas kapal, jika menurut anda baik, silahkan bagikan keteman-teman anda di group yahoo, facebook maupun twitter, dan untuk Update Artikel bisa anda like fb kami agar bisa memantau artikel terbaru yang kami posting, salam sejahtera untuk kita semua dan terimakasih mengunjungi kami ( PELAUTONLINE.COM ) semoga anda cepat naik kapal
    iklan
    Komentar
    komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
    • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl