masukkan script iklan disini
Pelaut Online -Prinsip – Prinsip Yang Harus Dipatuhi Dalam Memelihara Suatu Tugas Jaga Laut Yang Aman Tentunya Setiap Pemilik Kapal Agar Benda Yang Dia Miliki Selalu Terjaga Dan Dirawat Dengan Baik, Oleh Karena Itu Diatas Kapal Ada Struktur Organisasi Yang Baik, Dan Pemimpin Dikapal Adalah Nakhoda Sedangkan Yang Lainya Yaitu Memiliki Posisi Jabatan Masing-Masing Sesuai Dengan Ijazah Mereka
sumber gambar pixabay.com
Prinsip –Prinsip Untuk Memastikan Agar Tugas Jaga Laut Aman Dan Terpelihara Harusnya Dibawah Arahan Nakhoda Perwira Tugas Jaga Bertanggung Jawab Untuk Menjalankan Kapal Dengan Aman Selama Masa Tugas Jaganya.
1.Setiap Waktu Harus Memadai Dan Tepat.
2.Memelihara Suatu Pengamatan Yang Tepat Dan Efektif.
Faktor – Faktor Yang Perlu Di Perhatikan
- Anjungan Tidak Boleh Ditinggalkan
- Keadaan Cuaca ( Siknon )
- Perhatikan Bahaya – Bahaya Navigasi. Yang Mungkin Memerlukan Jaga Tambahan ( Extra Watch ) Periksa Dan Dapat Menggunakan Peralatan Di Anjungan.
- Apakah Kapal Menggunakan Kemudi Auto Matic Atau Manual.
Tugas Dan Tanggung Jawab Navigasi
-Tetap Berada Di Anjungan Dalam Keadaan apapun. Sampai Pada Waktu Serah Terima / Diistirahatkan.
-Tetap Bertanggung Jawab Walaupun Nakhoda dianjungan Jika Ada Pemberitahuan Bahwa nakhoda Akan Mengambil Alih Tanggung Jawab( Dapat Di Pahami ).
- Memberi Tahu Nakhoda Ketika Ragu – Ragu Terhadap Tindakan Yang Akan Dilakukan Untuk Keselamatan Kapal.
-Tidak Menyerahkan Tugas Jaga Pada Perwira Pengganti Jika Diyakini Tidak Mampu Melaksanakan Tugas Jaga( Lapor Nakhoda ).
-Ketika Mengambil Alih Tugas Jaga, Perwira Tugas Jaga Harus Mengetahui Dengan Pasti : Pos Dga, Fix Poss, Kec,Haluan, Bahaya -Bahaya Navigasi Yang Akan Di Hadapi Selama Dalam Pelayaran.
Perlindungan Lingkuangan Laut
-Nakhoda Dan Perwira Kapal Harus Memperhatikan Dampak Dari Polusi Akibat Pengoperasian Kapal Dan Kecelakaan Terhadap Lingkungan Laut Dan Harus Mengambil Tindakan Pencegahan Dalam Kerangka Kerja Yang Mengacu Pada Peraturan International, Peraturan Pelabuhan Yang Relevan
Cuaca Cerah ( Clear Weather )
- Mendeteksi / Membaring Kapal – Kapal Yang Mendekat Sesering Mungkin Dan Akurat Untuk Mengethui Ada Tindakana Bahaya Tubrukan.
- Melakukan Tindakan Awal Pada Jarak Tertentu Sesuai Peraturan, Dan Tindakan Tersebut Bisa Mendapat Yang Diinginkan.
- Perwira Jaga Harus Mampu Bertindak Tidak Boleh Ada Keraguan.
Bertindaklah Dengan Tegas dengan Waktu Yang Cukup
Perwira Jaga Bisa Memanggil Nakhoda Bila :
-Mematuhi Peraturan Yang Berlaku (Colreg – 72 ) Untuk Mencegah Bahaya Tubrukan.
-Memperhatikan Semboyan / Isyarat Kabut.
- Melaju Dengan Kecepatan Aman, Menyiapkan Mesin
( Stand By ) Untuk Manover.
- Calling The Master.
- Lakukan Pengawasan Yang Akurat Bila Berada Di Perairan Yang Ramai.
- Menggunakan Hand Steering.
- Nyalakan Lampu – Lampu Navigasi.
- Penggunaan Radar Dengan Jarak Jangkau Yang Pasti.
Berlayar Dengan Pandu Diatas Kapal
Walaupun Pandu Diatas Kapal, Tidak Terlepas Dari
-Nakhoda Dan Perwira Jaga Atas Pertanggungan -Jawab Dan Kewajibannya.
-Nakhoda, Perwira Jaga Dan Pandu Harus Saling Bertukar Informasi : Keadaan Setempat Dan Sifat - Sifat Kapal.
-Nakhoda Perwira Jaga Dan Pandu Harus Bekerja Sama terhadap Posisi Dan Pergerakan Kapal.
-Jika Perwira Jaga Ragu Akan Tindakan Pandu, Perwira jaga Harus Minta Penjelasan Pandu, Dan Bila Ke -Raguan Masih Ada Segera Memberitahu Nakhoda.
-Ambil Tindakan Sebelum Nakhoda Datang.
Cara Menghindari Kapal Tubrukan
Sesuaikan / Operasikan Radar ( Cas = Collision Avoidance System ) Sistim Untuk Menghindari Tubrukan.
-Hapus / Hilangkan Ploting Yang Sudah Selesai.
-Monitor Dengan Radar Terhadap Kapal – Kapal Di Sekitar Kapal Kita Terutama Di Haluan.
-Tentukan Dan Awasi Baringan2 Dan Jarak Dengan Target Yang Ada Pada Layar Radar.
-Tentukan Target Pada Papan Manuver ( Plotting Sheet ) Untuk Memastikan Keadaan Yang Akan Berkembang.
-Terima Laporan Dari Pengawas Yang Sedang Bertugas.
-Berkomunikasi Dengan Perwira Jaga Jika Diperlukan.
-Tentukan Jarak Terdekat Dengan Target ( CPA ) Dan Mengolah Gerak Menghindari Tubrukan Sesuai Aturan PPTL.
-Beritahu Nakhoda Mengenai Keadaan Sekitar Dan Rencana Menyimpang.
demikianlah penjelasan singkat prinsip-prinsip tugas jaga laut bagi ABK, sekian dan terimakasih baca juga Seperti Apa KULIT KAPAL (SHELL PLATING)
Prinsip –Prinsip Untuk Memastikan Agar Tugas Jaga Laut Aman Dan Terpelihara Harusnya Dibawah Arahan Nakhoda Perwira Tugas Jaga Bertanggung Jawab Untuk Menjalankan Kapal Dengan Aman Selama Masa Tugas Jaganya.
1.Setiap Waktu Harus Memadai Dan Tepat.
2.Memelihara Suatu Pengamatan Yang Tepat Dan Efektif.
Faktor – Faktor Yang Perlu Di Perhatikan
- Anjungan Tidak Boleh Ditinggalkan
- Keadaan Cuaca ( Siknon )
- Perhatikan Bahaya – Bahaya Navigasi. Yang Mungkin Memerlukan Jaga Tambahan ( Extra Watch ) Periksa Dan Dapat Menggunakan Peralatan Di Anjungan.
- Apakah Kapal Menggunakan Kemudi Auto Matic Atau Manual.
Tugas Dan Tanggung Jawab Navigasi
-Tetap Berada Di Anjungan Dalam Keadaan apapun. Sampai Pada Waktu Serah Terima / Diistirahatkan.
-Tetap Bertanggung Jawab Walaupun Nakhoda dianjungan Jika Ada Pemberitahuan Bahwa nakhoda Akan Mengambil Alih Tanggung Jawab( Dapat Di Pahami ).
- Memberi Tahu Nakhoda Ketika Ragu – Ragu Terhadap Tindakan Yang Akan Dilakukan Untuk Keselamatan Kapal.
-Tidak Menyerahkan Tugas Jaga Pada Perwira Pengganti Jika Diyakini Tidak Mampu Melaksanakan Tugas Jaga( Lapor Nakhoda ).
-Ketika Mengambil Alih Tugas Jaga, Perwira Tugas Jaga Harus Mengetahui Dengan Pasti : Pos Dga, Fix Poss, Kec,Haluan, Bahaya -Bahaya Navigasi Yang Akan Di Hadapi Selama Dalam Pelayaran.
Perlindungan Lingkuangan Laut
-Nakhoda Dan Perwira Kapal Harus Memperhatikan Dampak Dari Polusi Akibat Pengoperasian Kapal Dan Kecelakaan Terhadap Lingkungan Laut Dan Harus Mengambil Tindakan Pencegahan Dalam Kerangka Kerja Yang Mengacu Pada Peraturan International, Peraturan Pelabuhan Yang Relevan
Cuaca Cerah ( Clear Weather )
- Mendeteksi / Membaring Kapal – Kapal Yang Mendekat Sesering Mungkin Dan Akurat Untuk Mengethui Ada Tindakana Bahaya Tubrukan.
- Melakukan Tindakan Awal Pada Jarak Tertentu Sesuai Peraturan, Dan Tindakan Tersebut Bisa Mendapat Yang Diinginkan.
- Perwira Jaga Harus Mampu Bertindak Tidak Boleh Ada Keraguan.
Bertindaklah Dengan Tegas dengan Waktu Yang Cukup
Perwira Jaga Bisa Memanggil Nakhoda Bila :
- Jika Daya Tampak Terbatas Dihadapi / Diperki Keadaan Lalu Lintas / Pergerakan Kapal – Kapal Yang Meyebabkan Permasalahan.
- Gagal / Tidak Melihat Daratan, Tidak Terdapat Eralatan Navigasi.
- Alat Bantu Navigasi Yang Ada Masih Di Ragukan.
- Dalam Keadaan Darurat Saat Keadaan Cuaca Buruk Kemungkinan Adanya Kerusakan / Kapal Mengalami Kebocoran, Walaupun Ada Persyaratan Segera Memanggil Nakhoda Dalam Keadaan Sedang Berlayar
- Perwira Jaga Tidak Ragu Untuk Mengambil Tindakan Demi Keselamatan Kapal Bila Keadaan Mengharuskan.
- Navigasi Diperairan Pantai Menggunakan Peta Berskala Besar ( Peta Rencana, Peta Penjelas ) Yang Telah Di Kor. Bpi / Ntm.
- Penentuan Posisi Dengan Interval Waktu Tg Tetap,Harus Lebih Dari Satu Dengan Berganti – Ganti Cara penentuan Posisi.
- Mengindentivikasi Semua Tanda / Sifat – Sifatdari Sarana Bantu Navigasi Pelayaran Yang Ada disekitar Garis Haluan.
-Mematuhi Peraturan Yang Berlaku (Colreg – 72 ) Untuk Mencegah Bahaya Tubrukan.
-Memperhatikan Semboyan / Isyarat Kabut.
- Melaju Dengan Kecepatan Aman, Menyiapkan Mesin
( Stand By ) Untuk Manover.
- Calling The Master.
- Lakukan Pengawasan Yang Akurat Bila Berada Di Perairan Yang Ramai.
- Menggunakan Hand Steering.
- Nyalakan Lampu – Lampu Navigasi.
- Penggunaan Radar Dengan Jarak Jangkau Yang Pasti.
Berlayar Dengan Pandu Diatas Kapal
Walaupun Pandu Diatas Kapal, Tidak Terlepas Dari
-Nakhoda Dan Perwira Jaga Atas Pertanggungan -Jawab Dan Kewajibannya.
-Nakhoda, Perwira Jaga Dan Pandu Harus Saling Bertukar Informasi : Keadaan Setempat Dan Sifat - Sifat Kapal.
-Nakhoda Perwira Jaga Dan Pandu Harus Bekerja Sama terhadap Posisi Dan Pergerakan Kapal.
-Jika Perwira Jaga Ragu Akan Tindakan Pandu, Perwira jaga Harus Minta Penjelasan Pandu, Dan Bila Ke -Raguan Masih Ada Segera Memberitahu Nakhoda.
-Ambil Tindakan Sebelum Nakhoda Datang.
Cara Menghindari Kapal Tubrukan
Sesuaikan / Operasikan Radar ( Cas = Collision Avoidance System ) Sistim Untuk Menghindari Tubrukan.
-Hapus / Hilangkan Ploting Yang Sudah Selesai.
-Monitor Dengan Radar Terhadap Kapal – Kapal Di Sekitar Kapal Kita Terutama Di Haluan.
-Tentukan Dan Awasi Baringan2 Dan Jarak Dengan Target Yang Ada Pada Layar Radar.
-Tentukan Target Pada Papan Manuver ( Plotting Sheet ) Untuk Memastikan Keadaan Yang Akan Berkembang.
-Terima Laporan Dari Pengawas Yang Sedang Bertugas.
-Berkomunikasi Dengan Perwira Jaga Jika Diperlukan.
-Tentukan Jarak Terdekat Dengan Target ( CPA ) Dan Mengolah Gerak Menghindari Tubrukan Sesuai Aturan PPTL.
-Beritahu Nakhoda Mengenai Keadaan Sekitar Dan Rencana Menyimpang.
demikianlah penjelasan singkat prinsip-prinsip tugas jaga laut bagi ABK, sekian dan terimakasih baca juga Seperti Apa KULIT KAPAL (SHELL PLATING)