Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Materi Prinsip - Prinsip Tugas Jaga Kapal Laut

PBKuta
November 09, 2015
Last Updated 2015-11-09T02:01:43Z
masukkan script iklan disini
Pelaut Online -Prinsip – Prinsip  Yang Harus Dipatuhi  Dalam Memelihara Suatu Tugas Jaga Laut  Yang Aman Tentunya Setiap  Pemilik Kapal Agar Benda Yang Dia Miliki Selalu Terjaga Dan Dirawat Dengan Baik, Oleh Karena Itu Diatas Kapal Ada Struktur Organisasi Yang Baik, Dan Pemimpin Dikapal Adalah Nakhoda Sedangkan Yang Lainya Yaitu Memiliki Posisi Jabatan Masing-Masing Sesuai Dengan Ijazah Mereka

Materi Prinsip - Prinsip Tugas Jaga Kapal Laut
sumber gambar pixabay.com
Prinsip –Prinsip Untuk Memastikan  Agar Tugas Jaga Laut  Aman  Dan Terpelihara Harusnya Dibawah  Arahan Nakhoda  Perwira Tugas Jaga Bertanggung Jawab Untuk Menjalankan Kapal Dengan Aman Selama Masa Tugas Jaganya.


1.Setiap Waktu Harus Memadai Dan Tepat.
2.Memelihara Suatu Pengamatan Yang Tepat   Dan Efektif.      
   Faktor – Faktor Yang Perlu Di Perhatikan
- Anjungan Tidak Boleh Ditinggalkan
- Keadaan Cuaca ( Siknon )
- Perhatikan  Bahaya  – Bahaya  Navigasi. Yang Mungkin   Memerlukan Jaga Tambahan ( Extra Watch )  Periksa Dan Dapat Menggunakan Peralatan Di Anjungan.
- Apakah Kapal   Menggunakan Kemudi Auto Matic Atau Manual.
 
Tugas Dan Tanggung Jawab Navigasi
-Tetap Berada Di Anjungan  Dalam Keadaan apapun. Sampai  Pada Waktu Serah Terima / Diistirahatkan.
 -Tetap Bertanggung Jawab Walaupun Nakhoda dianjungan Jika Ada Pemberitahuan Bahwa nakhoda Akan Mengambil Alih Tanggung Jawab( Dapat Di Pahami ).         
- Memberi Tahu Nakhoda Ketika Ragu – Ragu Terhadap    Tindakan Yang Akan Dilakukan Untuk Keselamatan Kapal.
-Tidak Menyerahkan Tugas Jaga Pada  Perwira Pengganti Jika Diyakini Tidak Mampu Melaksanakan Tugas Jaga( Lapor Nakhoda ).
-Ketika Mengambil Alih Tugas Jaga, Perwira Tugas Jaga Harus Mengetahui Dengan Pasti : Pos Dga, Fix Poss, Kec,Haluan, Bahaya -Bahaya  Navigasi Yang Akan Di Hadapi Selama Dalam Pelayaran.
Perlindungan Lingkuangan Laut
-Nakhoda Dan Perwira Kapal Harus Memperhatikan Dampak Dari Polusi Akibat Pengoperasian Kapal Dan Kecelakaan Terhadap Lingkungan Laut Dan Harus Mengambil Tindakan Pencegahan Dalam Kerangka Kerja Yang Mengacu Pada Peraturan International, Peraturan Pelabuhan Yang Relevan

Cuaca Cerah  ( Clear Weather )
- Mendeteksi / Membaring Kapal – Kapal  Yang Mendekat Sesering Mungkin Dan Akurat Untuk  Mengethui Ada  Tindakana Bahaya Tubrukan.

- Melakukan Tindakan Awal Pada Jarak Tertentu Sesuai Peraturan, Dan Tindakan Tersebut Bisa Mendapat Yang Diinginkan.

- Perwira Jaga Harus Mampu Bertindak Tidak   Boleh Ada Keraguan.
 
Bertindaklah Dengan  Tegas dengan Waktu Yang  Cukup
Perwira  Jaga  Bisa Memanggil Nakhoda Bila :
  •  Jika Daya Tampak Terbatas Dihadapi / Diperki Keadaan Lalu Lintas / Pergerakan Kapal  – Kapal  Yang Meyebabkan Permasalahan.
  • Gagal / Tidak   Melihat Daratan, Tidak   Terdapat Eralatan Navigasi.
  • Alat Bantu Navigasi Yang Ada Masih Di Ragukan.
  • Dalam Keadaan Darurat Saat Keadaan Cuaca Buruk Kemungkinan Adanya Kerusakan / Kapal Mengalami Kebocoran, Walaupun Ada Persyaratan Segera Memanggil Nakhoda Dalam Keadaan Sedang Berlayar
  • Perwira Jaga Tidak Ragu Untuk  Mengambil Tindakan Demi Keselamatan Kapal Bila Keadaan Mengharuskan.
  • Navigasi Diperairan Pantai Menggunakan Peta Berskala Besar ( Peta Rencana, Peta Penjelas ) Yang  Telah Di Kor. Bpi / Ntm.
  • Penentuan Posisi Dengan  Interval Waktu  Tg Tetap,Harus  Lebih Dari Satu Dengan  Berganti – Ganti Cara penentuan Posisi.
  • Mengindentivikasi Semua Tanda / Sifat – Sifatdari Sarana Bantu Navigasi Pelayaran  Yang  Ada disekitar Garis Haluan.
Tanggung Jawab Dari Perwira Jaga Adalah :   
 -Mematuhi Peraturan Yang  Berlaku (Colreg – 72 ) Untuk Mencegah Bahaya Tubrukan.
-Memperhatikan Semboyan / Isyarat Kabut.
- Melaju Dengan  Kecepatan Aman, Menyiapkan Mesin
 ( Stand By )  Untuk Manover.
- Calling The Master.
- Lakukan Pengawasan Yang  Akurat Bila Berada Di Perairan Yang Ramai.
- Menggunakan Hand Steering.
- Nyalakan Lampu – Lampu Navigasi.
- Penggunaan Radar Dengan  Jarak Jangkau Yang   Pasti.
Berlayar Dengan Pandu Diatas Kapal
Walaupun Pandu Diatas Kapal, Tidak   Terlepas Dari
 -Nakhoda Dan Perwira Jaga  Atas Pertanggungan -Jawab Dan Kewajibannya.
 -Nakhoda, Perwira Jaga Dan Pandu Harus  Saling Bertukar Informasi : Keadaan Setempat Dan Sifat - Sifat Kapal.
 -Nakhoda Perwira Jaga Dan Pandu Harus  Bekerja Sama terhadap Posisi Dan Pergerakan Kapal.
 -Jika Perwira Jaga Ragu Akan Tindakan Pandu, Perwira jaga Harus  Minta Penjelasan Pandu, Dan Bila Ke  -Raguan Masih Ada Segera Memberitahu Nakhoda.
 -Ambil Tindakan Sebelum Nakhoda Datang.

Cara Menghindari Kapal Tubrukan
Sesuaikan / Operasikan Radar ( Cas = Collision Avoidance System ) Sistim Untuk  Menghindari Tubrukan.
-Hapus / Hilangkan  Ploting  Yang  Sudah  Selesai.
-Monitor Dengan  Radar Terhadap Kapal  – Kapal  Di  Sekitar Kapal  Kita Terutama Di Haluan.
-Tentukan Dan Awasi Baringan2 Dan Jarak Dengan   Target Yang  Ada Pada Layar Radar.
-Tentukan Target  Pada  Papan Manuver (  Plotting Sheet ) Untuk  Memastikan Keadaan Yang  Akan Berkembang.
-Terima Laporan Dari  Pengawas Yang  Sedang  Bertugas.
-Berkomunikasi Dengan  Perwira Jaga Jika Diperlukan.
-Tentukan Jarak   Terdekat Dengan  Target ( CPA ) Dan Mengolah Gerak  Menghindari Tubrukan Sesuai Aturan PPTL.
-Beritahu Nakhoda Mengenai Keadaan Sekitar Dan Rencana Menyimpang.

demikianlah penjelasan singkat prinsip-prinsip tugas jaga laut bagi ABK, sekian dan terimakasih baca juga Seperti Apa KULIT KAPAL (SHELL PLATING)
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl