Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

ARTI BENDERA ISYARAT DUNIA MARITIM / PELAYARAN

Kyu Enda
Oktober 23, 2015
Last Updated 2015-10-22T21:25:54Z
masukkan script iklan disini
Pelaut Online - ARTI BENDERA ISYARAT DUNIA MARITIM / PELAYARAN, Hello sahabat pelaut mungkin anda sudah tahu tentang postingan yang akan admin share hari ini, namun kabarnya ada juga kok beberapa Anak Buah Kapal Tidak Hapal, hal itu sangat wajar, karena menghapal keseluruhan kode yang diatas kapal sangat sulit.

 Dalam Dunia Kapal Maupun Udara Tentu Ada Kode Khusus Yang Harus Benar-Benar Dihapal, Karena Terkadang Komunikasi Diudara dan laut Bisa saja tidak bisa ditangkap oleh pesawat radio, oleh karena itu  Sangat Perlu Sekali sebuah Isyarat Yang Digunakan, Salah satunya Dengan Menggunakan Bendera.

Dengan Adanya Isyarat Bendera Maka Kita Akan Mengetahui Keadaan Lagi Apa Kapal Tersebut, Dan Kode Bendera ini Dipakai Oleh Semua Pelaut Di Dunia Internasional.dan setiap ABK Deck Harus Paham dan Mengerti Tentang Isyarat Bendera itu. sebab ada beberapa ulasan jika keadaan ditengah laut yang tidak menentu cuaca sehingga komunikasi lewat radio tidak baik, bisa digunakan melalui bendera.

Baca Terlebih Dahulu :
ARTI BENDERA ISYARAT DUNIA MARITIM / PELAYARAN
 Foto Gambar Layar Sunset Dari pixabay.com

Berikut ini Adalah Kode Isyarat Bendera Huruf Abjad Serta Terjemahan Bahasa - Inggris Indonesia Yang Mungkin Bisa Menambah Wawasan Kita.

 

A /ALFA  : I have a diver down; Keep well clear at slow speed.
 (Dibawah saya ada juru selam,jauhi saya dalam laju pelan)




*B / BRAVO  : I am taking in, or discharging, or carrying dangerous goods.
(saya sedang memuat / membongkar atau membawa muatan berbahaya)




*C / CHARLIE  :Yes (affirmative or the significance of the previous group should be read in the  Affirmative)
.ya, affirmative atau kelompok mendahuluinya harus di baca affirmative.




 *D / DELTA : Keep clear of me ; I am manouvering with difficulty.
 (Jauhui saya, saya sulit mengolah gerak)





*E / ECHO : I am altering my course to starboard.
(Saya merubah haluan kekanan)




F / FOXROT : I am disabled, communicate with me.
(saya menggalami kusulitan hubungilah saya)




*G / GOLF: I am require a pilot, When made by fishing vessels operating in close proximity on  The fishing grounds it means; I am hauling nets.
 (Saya memerlukan bantuan pandu / saya sedang menarik jala)



*H / HOTEL: I have a pilot on board.
(Kapal saya ada seorang pandu) 





*I / INDIA : I am altering my course to port. 
( saya merubah haluan kekiri)



J / JULIETT : I am on fire and I have dangerous cargo on board: keep well clear of me.
(Saya mengalami kebakaran atau mempunyai muatan berbahaya diatas kapal,jauhilah saya)



K / KILO: I am wish to communicate with you.
(saya main komunikasi dengan anda)



L / LIMA: You should stop your vessel instantly.
(Anda harus berhenti dengan segera).




M / MIKE: My vessel is stopped and making no way through the water.
(Kapal saya berhenti dan tidak mempunyai laju terhadap air)



N / NOVEMBER:  No (negative or the significance of the previous group should be read in the negative)  This signal may be given only visually or by sound. For voice or radio transmission The signal should be “NO”.
(Tidak atau kelompok yang mendahuluinya, harus di baca negative)



O / OSCAR: Man overboard.
(Orang jatuh dari kapal)




P / PAPA: In harbour- All person should report on board as vessel is about to proceed to sea.
(Semua orang harus naik kapal, kapal akan berangkat). At sea      - It may be used by fishing vessel the mean: My nets have come fast upon an  Obstruction.



Q / QUEBEC: My vessel is Healthy and I request free pratique.
(kapal saya sehat dan saya bebas pratique)





*S / SIERRA: My engines are going astern.
(Mesin saya bergerak mundur)



*T / TANGGO: Keep clear of me, I am engaged in pair trawling.
(Jauhilah saya, saya sedang terhalang oleh jaring double)



U / UNIFORM: You are running into danger.
(Anda mengemudikan ke tempat berbahaya)





V / VICTOR: I require assistance.
(Saya memerlukan pertolongan).




W / WHISKEY: I require medical assistance.
(Saya membutuhkan bantuan medis).




X / XRAY: Stop carrying out your intentions and watch for my signals.
(Hentikan maksud anda dan perhatikan isyarat saya).



Y / YANKEE: I am dragging my anchor.
(saya sedang menghibob/lego jangkar).



*Z / ZULU: I am requiring a tug. When made by fishing vessel operating in closed proximity on the  Fishing ground it mean; I am shooting nets.
 (saya butuh tundaan) (oleh kpl ikan : saya Sedang menebar jaring, kpl ikan yang beroperasi di tempat terbuka).


Tentunya Bagi Anda Seorang seaman dan seorang Officer Yang menjelajahi dunia maritim nusantara dan mancanegara, sangat penting sekali isyarat ini, terkadang anda pasti sudah tahu kalau channel 16 mungkin terlalu sibuk untuk memanggil kapal yang berdekatan dengan anda. namun dengan adanya bendera ini, akan menjadikan lebih mudah menerangkan keadaan anda sedang lagi apa ! dan isyarat ini jangan orang deck aja yang hapal, pasti orang mesin tentu tahu !

Mungkin itulah ulasan singkat dari kami, mungkin dilain waktu nanti akan bagikan simbol morse serta nomor / angka yang mungkin bisa bermanfaat diatas kapal.baca juga Apa Tugas ABK Saat Jaga Laut / Kapal Berlayar
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl