masukkan script iklan disini
Pelaut Online - siapapun ingin cepat kerja karena tidak enak menggangur itu bukan ? selain uang tidak ada, dapurpun bisa berabe, dan lagi-lagi istri pasti kerjanya ngedumel dan lebih parah ente ga dikasi jatah alasanya lagi palang merah pa...
Kerja dikapal laut memang enak ?? semua itu bohong besar boss, walaupun ia kapten dan perwira selalu dapat tekanan, apa lagi bawahan seperti koki harus selalu siapsedia makanan pada waktunya, AB harus jaga siang dan malam jika hanya dua orang siap-siap 6 jam melek dan 6 jam istirahat, oilerpun begitu namum itulah struktur yang wajib dipatuhi sebagai pelaut yang kerja diatas kapal.
Anggap saja bro.. ini bacaan iseng-iseng pas hari minggu kan lagi santai di dech entah di anjung kapal kalian
Broker: Sayang bagaimana kabarnya..
Crewing: baik kamu juga kan fine kan !
Broker: yup baik dan selalu aman,
Crewing: ini ada kapal tug boat dan kontainer satu minggu lagi sign off kamu ada chankah?
Broker: iya ada nich, kemaren di call saya, dan masih baru ijazahnya.
Crewing: kalau gitu tak apalah, naikan dia.
Broker: seeplah say,,, besok saya coba telpon dia, kalau mau 5 juta jadi Rating gpp ya
Crewing: Atur saja, tapi nanti tiket pesawat yang dibayar Perusahaan kamu transfer ke rekiening saya seperti biasa.
Broker: okey boss
Pembicaraanpun terputus sejenak...coba kita lihat lagi cerita menarik dari kaskuser, berikut kami akan copykan hasil repost penelusuran pelautonline.com dibawah ini
Misi gan, om tante,.... ane mau jelasin sedikit about Kerja di Kapal Pesiar mengingat semakin banyaknya penipuan yang terjadi hingga puluhan juta. Berharap bagi yang baca bisa share dengan teman2nya yang punya rencana mau kerja di kapal pesiar.
Sebelum dan sesudahnya ane mau tegasi kalau ane :
1. Bukan agent kapal pesiar manapun
2. Bukan sedang bermaksud melakukan recruitmen
Ini terus terang murni karena ane kasian denger banyak banget orang yg ketipu baik sebelum berangkat maupun sesudah berangkat. So dengan mengenal dunia Kapal sebelum berangkat jadi mengurangi tindakan penipuan.
OKe, buat agan-agan yang lain yang udah pengalaman gak usah merasa tersaingi, Thread ini khusus agar mengurangi tindakan penipuan that's it, i don"t want to show off. Berbagi biar saling melindungi. Kalau ada perbedaan pengalaman just share gak perlu debat kusir. Kasi tau yang mau berangkat biar lebih matang.
Chapter One (Sebelum Berangkat)
Untuk lowongan di kapal pesiar biasanya terbagi dalam beberapa kategori dan range yaitu :
Restaurant Team :
1. Waiter
2. Asisten Waiter
3. Snack Steward atau Buffe Runner
Housekeeping
1. Cabin Steward
2. Assistent Cabin Steward
3. Pool attendant, daily Cleaner, night cleaner, staf mess
Kitchen
1. First Cook - Second Cook
2. Third Cook
3. Steward (dish washer-pot washer-garbage man-night cleaner)
Bar
1. Bar waiter
2. Bartender
3. Bar boy
Deck
1. Officer (first, second, third)
2. Engeineering, electric dll
3. Bosun
4. Wiper, Able boy, dll
Nah ane bikin no 1-3 tiap departemen kecuali deck krn deck bnyak banget jenisnya, artinya biasanya agent akan membuka lowongan di posisi yang no 3 (disini ane akan lebih menekankan hotel departemen dibandingkan deck) dengan syarat sbb :
1. Pernah bekerja di Hotel bintang 4-5 selama minimal 1 tahun
2. Memiliki sertifikasi kecapakan bidang kelautan (info dibawah)
Jarang tapi ada juga agent kapal buka lowongan di posisi no 2 atau 1, biasanya minta spesifikasi tinggi, minimal manager di hotel.
Oke setelah itu setiap crew yang lulus seleksi harus punya sertifikasi pelaut yaitu :
1. Pasport udah pasti but harus di endors di kantor syahbandar, ntar pasport kita di chop bahwa kita itu pelaut
Biaya : variasi masing2 daerah biasanya kl urus sendiri si paling 200-300 ribu kl pake jasa calo bisa 500 an
2. Seamen Book adalah buku pelaut yang menandakan bahwa kita tidak tidur di darat, kita tidurnya di laut so pihak imigrasi langsung tanda dan tidak mempersulit
Biaya : urus sendiri 100 ribu an. calo 300 ribuan
3. BST (Basic Safety Trainning)
Ini sertifikasi kecakapan kita tentang kapal. kita akan belajar tentang kapal, keadaan emergency, cara nurunin skoci, liferaft dll.
Biaya : 1,5 juta. Nah jangan sekali sekali agan nembak alias beli BST tapi ga ikut trainning ber resiko tinggi. kenapa, nanti pas di kapal ditanya sesuatu ama safety officer trus kita ga bisa jawab bisa dipulangin. trus itu sertifikat di issued ama IMO (International Maritime Organization) ada kode di sertifikatnya yang bisa dibuka dimana aja melalui internet kl yg palsu pasti langsung ketauan, so ikut aja trainningnya cuma 2 minggu kok.
4. SCRB (Safety Craft and Resque Boat)
Hampir sama kayak BST cuma sedikit lebih advance materi trainningnya lebih ke survival. Inti latihannya adalah kita tau kalau kapal tenggelam harus ngapain, ga hanya tenggelam kalau kapal dalam keadaan bahaya kita tau harus kemana dan ngapain bukannya panik
Biaya : 800 ribu. sama kayak bst jgn sekali sekali nembak, bahaya. Trainning 1 minggu
5. CCM (Crowd Crisi Management)
Juga sama tapi lebih banyak ke penanganan ke penumpang, bayangin di kapal passanger 3000 orang terjadi hal emergency pasti pada panik. latihan ini ditujukan agar mampu mengendalikan masa.
biaya : 800 ribu, sama jangan nembak. training 1 minggu.
6. Yellow Faver
Ini kayak imunisasi biar ga kena penyakit. biasanya buat kapal2 yang ke Afrika.
Biaya : 300 ribu. Ingat ini sekali disuntik maka tidak boleh disuntik lagi sampai 10 tahun kalau nggak bisa lumpuh.
Sebagian besar sih 6 itu aja sekalipun masi ada lagi spt AFF (advance fire fighting) dll. kalau ente apply buat deck maka makin lengkap lah sertifikatnya
so kalau lu ngurus sendiri kira kira biaya segini :
pasport : 200.000
seamen : 150.000
bst : 1.500.000
total : 1.850.000
plus scrb : 800.000
plus ccm : 800.000
yellow F : 300.000
total : Rp 3.750.000
kenapa ane pisah karena kadang, di beberaa agent mereka cuma minta pasport seamen ama bst that's it. tapi ada juga beberapa agent kapal minta semuanya so begitulah itung-itungannya.
Mungkin itulah Artikel Berita Hari ini dan terimakasih telah baca postingan Cinta Broker Dan Crewing Versi Pelaut Online
Kerja dikapal laut memang enak ?? semua itu bohong besar boss, walaupun ia kapten dan perwira selalu dapat tekanan, apa lagi bawahan seperti koki harus selalu siapsedia makanan pada waktunya, AB harus jaga siang dan malam jika hanya dua orang siap-siap 6 jam melek dan 6 jam istirahat, oilerpun begitu namum itulah struktur yang wajib dipatuhi sebagai pelaut yang kerja diatas kapal.
Anggap saja bro.. ini bacaan iseng-iseng pas hari minggu kan lagi santai di dech entah di anjung kapal kalian
Broker: Sayang bagaimana kabarnya..
Crewing: baik kamu juga kan fine kan !
Broker: yup baik dan selalu aman,
Crewing: ini ada kapal tug boat dan kontainer satu minggu lagi sign off kamu ada chankah?
Broker: iya ada nich, kemaren di call saya, dan masih baru ijazahnya.
Crewing: kalau gitu tak apalah, naikan dia.
Broker: seeplah say,,, besok saya coba telpon dia, kalau mau 5 juta jadi Rating gpp ya
Crewing: Atur saja, tapi nanti tiket pesawat yang dibayar Perusahaan kamu transfer ke rekiening saya seperti biasa.
Broker: okey boss
Pembicaraanpun terputus sejenak...coba kita lihat lagi cerita menarik dari kaskuser, berikut kami akan copykan hasil repost penelusuran pelautonline.com dibawah ini
Misi gan, om tante,.... ane mau jelasin sedikit about Kerja di Kapal Pesiar mengingat semakin banyaknya penipuan yang terjadi hingga puluhan juta. Berharap bagi yang baca bisa share dengan teman2nya yang punya rencana mau kerja di kapal pesiar.
Sebelum dan sesudahnya ane mau tegasi kalau ane :
1. Bukan agent kapal pesiar manapun
2. Bukan sedang bermaksud melakukan recruitmen
Ini terus terang murni karena ane kasian denger banyak banget orang yg ketipu baik sebelum berangkat maupun sesudah berangkat. So dengan mengenal dunia Kapal sebelum berangkat jadi mengurangi tindakan penipuan.
OKe, buat agan-agan yang lain yang udah pengalaman gak usah merasa tersaingi, Thread ini khusus agar mengurangi tindakan penipuan that's it, i don"t want to show off. Berbagi biar saling melindungi. Kalau ada perbedaan pengalaman just share gak perlu debat kusir. Kasi tau yang mau berangkat biar lebih matang.
Chapter One (Sebelum Berangkat)
Untuk lowongan di kapal pesiar biasanya terbagi dalam beberapa kategori dan range yaitu :
Restaurant Team :
1. Waiter
2. Asisten Waiter
3. Snack Steward atau Buffe Runner
Housekeeping
1. Cabin Steward
2. Assistent Cabin Steward
3. Pool attendant, daily Cleaner, night cleaner, staf mess
Kitchen
1. First Cook - Second Cook
2. Third Cook
3. Steward (dish washer-pot washer-garbage man-night cleaner)
Bar
1. Bar waiter
2. Bartender
3. Bar boy
Deck
1. Officer (first, second, third)
2. Engeineering, electric dll
3. Bosun
4. Wiper, Able boy, dll
Nah ane bikin no 1-3 tiap departemen kecuali deck krn deck bnyak banget jenisnya, artinya biasanya agent akan membuka lowongan di posisi yang no 3 (disini ane akan lebih menekankan hotel departemen dibandingkan deck) dengan syarat sbb :
1. Pernah bekerja di Hotel bintang 4-5 selama minimal 1 tahun
2. Memiliki sertifikasi kecapakan bidang kelautan (info dibawah)
Jarang tapi ada juga agent kapal buka lowongan di posisi no 2 atau 1, biasanya minta spesifikasi tinggi, minimal manager di hotel.
Oke setelah itu setiap crew yang lulus seleksi harus punya sertifikasi pelaut yaitu :
1. Pasport udah pasti but harus di endors di kantor syahbandar, ntar pasport kita di chop bahwa kita itu pelaut
Biaya : variasi masing2 daerah biasanya kl urus sendiri si paling 200-300 ribu kl pake jasa calo bisa 500 an
2. Seamen Book adalah buku pelaut yang menandakan bahwa kita tidak tidur di darat, kita tidurnya di laut so pihak imigrasi langsung tanda dan tidak mempersulit
Biaya : urus sendiri 100 ribu an. calo 300 ribuan
3. BST (Basic Safety Trainning)
Ini sertifikasi kecakapan kita tentang kapal. kita akan belajar tentang kapal, keadaan emergency, cara nurunin skoci, liferaft dll.
Biaya : 1,5 juta. Nah jangan sekali sekali agan nembak alias beli BST tapi ga ikut trainning ber resiko tinggi. kenapa, nanti pas di kapal ditanya sesuatu ama safety officer trus kita ga bisa jawab bisa dipulangin. trus itu sertifikat di issued ama IMO (International Maritime Organization) ada kode di sertifikatnya yang bisa dibuka dimana aja melalui internet kl yg palsu pasti langsung ketauan, so ikut aja trainningnya cuma 2 minggu kok.
4. SCRB (Safety Craft and Resque Boat)
Hampir sama kayak BST cuma sedikit lebih advance materi trainningnya lebih ke survival. Inti latihannya adalah kita tau kalau kapal tenggelam harus ngapain, ga hanya tenggelam kalau kapal dalam keadaan bahaya kita tau harus kemana dan ngapain bukannya panik
Biaya : 800 ribu. sama kayak bst jgn sekali sekali nembak, bahaya. Trainning 1 minggu
5. CCM (Crowd Crisi Management)
Juga sama tapi lebih banyak ke penanganan ke penumpang, bayangin di kapal passanger 3000 orang terjadi hal emergency pasti pada panik. latihan ini ditujukan agar mampu mengendalikan masa.
biaya : 800 ribu, sama jangan nembak. training 1 minggu.
6. Yellow Faver
Ini kayak imunisasi biar ga kena penyakit. biasanya buat kapal2 yang ke Afrika.
Biaya : 300 ribu. Ingat ini sekali disuntik maka tidak boleh disuntik lagi sampai 10 tahun kalau nggak bisa lumpuh.
Sebagian besar sih 6 itu aja sekalipun masi ada lagi spt AFF (advance fire fighting) dll. kalau ente apply buat deck maka makin lengkap lah sertifikatnya
so kalau lu ngurus sendiri kira kira biaya segini :
pasport : 200.000
seamen : 150.000
bst : 1.500.000
total : 1.850.000
plus scrb : 800.000
plus ccm : 800.000
yellow F : 300.000
total : Rp 3.750.000
kenapa ane pisah karena kadang, di beberaa agent mereka cuma minta pasport seamen ama bst that's it. tapi ada juga beberapa agent kapal minta semuanya so begitulah itung-itungannya.
Mungkin itulah Artikel Berita Hari ini dan terimakasih telah baca postingan Cinta Broker Dan Crewing Versi Pelaut Online