Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Soal Jawab UKP Pelajaran Penanganan Muatan Ilmu Pelayaran

PBKuta
Januari 07, 2016
Last Updated 2016-01-06T17:36:34Z
masukkan script iklan disini
Pelaut Online - Soal Jawab UKP Pelajaran Penanganan Muatan Ilmu Pelayaran, Soal UKP Serta Jawaban dalam materi Penanganan Muatan, namanya kerja tidak ada yang enak, baik didarat, udara maupun dilaut, dan juga tidak semua posisi enak, karena setiap posisi, memiliki tanggung jawab masing-masing, yang terpenting adalah profisional atas jabatan tersebut, selain itu agar bisa meningkatkan jabatan tentu harus punya ijazah dan sertifikat yang memadai tentunya.

Berikut ini adminbagikan Soal UKP tentunya Untuk Pelaut yang melanjutkan untuk meningkatkan ijazah dari ANT-D ke ANT V yang tentunya setiap ujian akan ada materi untuk pengujian, kali ini soal UKP mengenai Penanganan Muatan kami bagikan kepada anda dan salah satu dokumentasi admin dari teman-teman pelaut yang ambil di beberapa  tempat kuliah sekolah ilmu maritim di indonesia baik itu di STIP Marunda Jakarta Utara, BP3IP Sunter Podomoro, PIP Makasar, serta yang lainya yang tidak mungkin kami sebutkan satu persatu.
Soal Jawab UKP Pelajaran Penanganan Muatan

Berikut ini adalah materi artikel tentang soal tanya jawab pelajaran penanganan muatan ilmu pelayaran / kelautan

1. Jelaskan apa yang di maksud dengan bongkar muat secara cepat, teratur dan sistematis
Jawab :
Yang di maksud Bongkar muat secara cepat, teratur dan sistematis adalh : menciptakan suatu proses bongkar muat yang efisien dan efektif dalam penggunaan waktu dan biaya

2. Jelaskan Apa Yang Dimaksud dengan :
a. Jelaskan apa yg di maksud dengan stowage plan
b. Apa kegunaan stowage plan ?
c. Siapa yang membuat stowage plan ?
Jawab :
a. Stowage Plan adalah : sebuah gambaran informasi mengenai rencana pengaturan muatan, letak muatan, jumlah muatan, serta berat muatan di atas kapal
b. Kegunaan Stowage plan :
1. Dapat mengetahui letak muatan, berat, dan jumlahnya
2. Dapat memperhitungkan jumlah buruh yang akan di perlukan
3. Dapat memperhitungkan lamanya pembongkaran
4. Sebagai dokumen tanggung jawab atas pengaturan muatan
c. Yang membuat stowage plan adalah mualim I

3. Sebuah ruang muat mempunyai kapasitas 1.200 m3.Ruang telah dimuati muatan A sebanyak 300 ton dengan SF = 1,13 m3/ton & BS diperhitungkan sebanyak 8 %,selan jutnya ruangan tsb akan dimuati lagi dgn muatan B sebanyak 400 ton dengan SF = 2,26 m3/ton & BS diperhitungkan 15 %.
a. jelaskan dengan perhitungan apakah sisa ruang muat itu cukup untuk menampung muatan B ?
b. bila tidak cukup,hitunglah berat muatan B yang dapat dimuat ?
Jawab :
diket :
Vr = 1.200 m3
Muatan A = 300 ton, SF = 1,13 m3/ton, BS = 8 %
Muatan B = 400 ton,SF = 2,26 m3/ton, BS = 15 %
Dit = T
jawab :
Vr = T . SF
(1 – BS)
= 300 x 1,13
(1 – 8 %)
= 339
0,92
= 368,478 m3
volume ruang sisa = 1.200 - 368,478 m3
= 831,522 m3
b.berat muatan B yang bisa dimuat =
T = Vr (1 – BS)
SF
= 831,522 x 0,85
2,26
= 706,7937
2,26
= 312,74 ton
4. Sebuah kapal memiliki geladak antara dgn ukuran panjang = 9 m,lebar = 3,5 m & tinggi = 3 m,daya tampung geladak tsb (DLC) =1,5 ton/m2 akan dimuati tembaga BJ = 2,4 dalam pemuatannya BS diperhitungkan sebesar 5%.Hitunglah berapa ton tembaga yang dpt dimuat agar tdk melebihi bts kemampuan geladak tsb?
diket : V = (P = 9 m,L = 3,5 m & T = 3 m)
C = 1,5 ton/m2
BJ = 2,4
BS = 5 %
ditanya : berapa ton DLC kapal tsb ?
Jawab :
H = C . SF
= 1,5 x (1/2,4)
= 1,5 x 0,42
= 0,63

T = V (1 – BS)
SF
= (9 x 3,5 x 0,63) x (1 - 5%)
0,42
= 19,845 x 0,95
0,42
= 44,9 ton

5. Jelaskan apa yang di maksud dengan
a. Stowage Faktor
b. Broken Stowage
c. Over stowage
d. Filler cargo
e. Option cargo
Jawab
a. STOWAGE Faktor adalah : besarnya ruangan dalam m3 yang di butuhkan untuk memuat muatan sebesar 1 ton
b. Broken Stowage adalah : Besarnya presentase % jumlah ruangan yang hilang atau ruang yang tidak terpakai pada pengaturan muatan dalam suatu palka
c. Over stowage adalah : muatan yang seharusnya di bongkar di suatu pelabuhan tertentu terhalang oleh muatan di atasnya
d. Filler cargo : adalah Muatan yang di pakai untuk mengurangi BS
e. Option cargo : adalah muatan yang memiliki lebih dari satu pelabuhan bongkar dan menunngu kebutuhan shipper atau belum di ketahui tujuannya

***Materi Artikel Soal lainya dibawah **
1. Jelaskan apa yang di maksud dengan prinsip pemuatan mengenai :
a. Melindungi muatan
b. Bongkar muat secara cepat, teratur dan sistematis
Jawab :
a. Melindungi muatan adalah mencegah terjadinya kerusakan muatan, pada saat pemuatan, di kapal atau pun saat di pelabuhan tujuan
b. Yang di maksud Bongkar muat secara cepat, teratur dan sistematis adalh : menciptakan suatu proses bongkar muat yang efisien dan efektif dalam penggunaan waktu dan biaya

2. Apakh yang di maksud dengan Broken Stowage itu dan bagaimanakah mengetahui bahwa terjadi broken stowage dalam suatu kegiatan pemuatan. Berikan contoh menghitung besarnya suatu BS yang terjadi
Jawab :
BS adalah : Besarnya presentase % jumlah ruangan yang hilang atau ruang yang tidak terpakai pada pengaturan muatan dalam suatu palka.
BS = Volume Palka – Volume Muatan x 100%
Volume Palka
Contoh :
Dik Vr : 2500 cbm
Muatan :2000 ton beras
SF : 1,2
Vm = SF.T
Vm = 1,2 x 2000 = 2400 m3
BS = 2500 – 2400 x 100%
2500
= 0,04%
3. Jelaskan minimal 4 jenis penerapan DUNNAGE tetap yang terdapat pada kapal cargo dan kegunaan masing masing dari penerapan tersebut.
Jawab :
Penerapan tetap (permanent dunnage)terdiri dari :
1. wilah keringat (sweat/cargo batten) letak nya disamping² pada dinding palka
2. papan alas palka (bottom/floor ceiling) letaknya didasar palka/diatas tank top & di loteng palka
3. papan penutup got (lumber board) letak nya diatas got² palka
4. papan penutup pipa²/dinding panas (woodens heating) letaknya pada pipa² panas dalam palka & pada dinding yang berbatasan langsung dengan kamar mesin

4. Apakah yang di maksud dengan :
a. Manifest
b. Bill of Lading
c. Mate Receipt
d. Cargo Demage Report
e. Letter of idemnity
f. Cargo stowage Plan
Jawab :
a. Manifest adalah surat yg merupakan suatu daftar barang²/muatan yang telah dikapalkan.

b. Bill of Lading adalah surat persetujuan pengangkutan barang antara pengirim (shipper) & perusahaan pelayaran (owner)dengan segala konsekuensinya yg tertera pada surat tsb/surat kepemilikan barang se bagaimana yang tertera surat tsb & dpt diperjual belikan sehingga bill of lading ini a/ surat berharga

c. Mate Receipt adalah surat tanda terima barang/muatan diatas kapal sesuai dengan keadaan muatan tersebut yang telah ditanda tangani oleh mualim 1.

d. Cargo Demage Report adalah surat berita acara kerusakan muatan yang terjadi diatas kapal sehubungan tanggung jawab pihak carrier.

e. Letter of idemnity adalah surat jaminan yang di buat shipper untuk memperoleh claim B/L dimana shipper akan bertanggung jawab apabila timbul claim atas barang tersebut.

f. Cargo stowage Plan adalah sebuah gambaran informasi mengenai rencana pengaturan muatan diatas kapal yang mana gambar tsb menunjukkan pandangan samping (denah) & pandangan atas (profil) dr letak²,jumlah & berat muatan yang berada dalam palka sesuai tanda pengiriman (onsigment mark) bagi masing² pelabuhan tujuannya.

5. Sebuah palka dengan volume 2500 m3 dipenuhi dengan muatan karung karungan. Sesuia data yang ada, karung dalam kapal tersebut = 12000 karung berat tiap karung 90 kg jika SF muatan = 1,90 m3/ton hitunglah berapa BS dalam Pemuatannya
Jawab :
Dik Vr = 2.500 m3
SF = 1,9 m3/ton
Berat muatan ( T ) = 12.000 x 90 = 1.080.000 kg / 1080 ton
Dit BS = … ?
Jawab :
Vm = SF . T
= 1,9 x 1.080
= 2.052.m3

x 100 %

BS = (Vr – Vm)

x 100 %

Vr
= (2500 – 2052)
2500
= 0,179 %

***** lihat soal lainya dibawah

1. Jelaskan apa yang di maksud dengan
a. TEU, pada penanganan muatan kontainer
b. Ulage Pada pemuatan Liquid cargo dalam tanki
Jawab :
a. TEU : Twenty Feet equivalent unit ) ukuran standar peti kemas ukuran 20 feet
b.ullage a/jarak yang diukur dari permukaan zat cair sampai ke permukaan tangki.

2. Terangkan Dan Hitung Dibawah ini
a. Terangkan bagaimana cara anda menghitung Broken Stowage
b. sebutkan empat penyebab utama Broken Stowage
Jawab :
a. cara menghitung BS
BS = Volume Palka – Volume Muatan x 100%
Volume Palka
b. 4 penyebab utama terjadinya ruang rugi (broken stowage),antara lain :
1. bentuk palka
2. bentuk muatan
3. jenis muatan
4. penggunaan penerapan (dunnage)

3. Sebutkan Dan Jelaskan Dibawah ini
a. Sebutkan data data muatan yang tertera dalam Resi Mualim ( Mate Receipt )
b. jelaskan apa yang di maksud dengan “Cargo Exception Record”
Jawab :
a. data yang tertera dalam Resi Mualim adalah :
1. Tally sheet
2. Cargo Manifest
3. Latter of idemnity
4. Statemen of fact
5. Stowage plan
b. Cargo Exception Record adalah : laporan catatan mengenai penerimaan muatan yang rusak, muatan berbau, muatan yang mengeluarkan aroma tajam serta tidak enak dan menyebabkan kerusakan pada muatan lain.

4. Sebuah kapal mempunyai sarat rata2 = 6,8 m akan membongkar muatan A sebanyak 150 ton dengan SF = 2,1 m3/ton & juga membongkar muatan B yang berupa peti2, volume tiap peti = 0,43 m3 dengan berat tiap peti = 100 kg.Setelah selesai bongkar sarat rata2 menjadi = 6,6 m,TPC diketahui rata2 = 20 & dalam pembongkaran muatan tsb BS diperhitungkan sebesar 5 %. Hitunglah :
a. volume ruangan yang dibongkar !
b. jumlah kollie muatan B yang dibongkar !
Jawab :
Dik : Draft awal = 6,8 m = 680 cm
: Draft akhir = 6,6 m = 660 cm
: Muatan A = 150 ton
: SF = 2,1 m3/ton
Muatan b = 100 kg
Vm = 2,1 m3
TPC = 20 ton/cm3
BS = 5 % = 0,05
Dit :
a. Vr yang dibongkar = … ?
b. PB = … ?
Jawab a :
Draft awal = 6,8 m = 680 cm
Draft akhir = 6,6 m = 660 cm -
Δ Draft = 20 cm
w = Δ Draft . TPC
= 20 x 20
= 400 ton
muatan a + muatan b = 400 ton
150 ton + muatan b = 400 ton
muatan b = 400 – 150 ton = 250 ton
1 peti = 100 kg
Vm = 0,43 m3
100 kg = 0,43 m3
250.000 kg = x
x = 250.000 kg . 0,43
100
jadi,Vm = 1.075 m3

Jawab b.
BS = (Vr – Vm) x 100 %
Vr
0,05 = (Vr – Vm) x 100 %
Vr
0,05Vr = Vr – 1.075
0,95Vr = 1.075
Vr = 1.075/0,95
Vr = 1.131,6 m3

jadi,jumlah kollie muatan
b =
P = Vr (1 – BS)
Vm
= 1.131,6 (1 – 0,05)
0,43
= 2.500 kollie

5. Sebuah tangki bahan bakar & luas = 75 m2 sedang mengisi minyak dgn menggunakan pipa yang mempunyai diameter 200 mm, saat itu ullage = 1,6 m.Berapa lama pengi sian & berlangsung jika nantinya ullage menjadi 800 mm,bilamana diketahui meng alir minyak dalam pipa = 1,75 m/dtk.
Dik : luas tangki = 75 m2
diameter pipa = 200 mm
DIT : ROF & time in hour ?
Jawab :
beda ullage = 1600 – 800 mm
= 800 mm = 0,8 m
volume minyak yang diisi = 75 x 0,8 = 60 m3
luas penampang = p.r2
= 3,14 x 100 x 100

= 314 mm2 = 0,031416 m2
ROF = p.r2. V
= 22 x 0,1 m2 x 1,75 m/detik
7
= 0.055 m3/detik
u/mengisi 60 m3 = 60 detik : 0,055 m3/detik
= 1091 detik
60 detik
= 18,18 menit
***** soal UKP Lainya Dibawah

1. Jelaskan Pertanyaan Dibawah ini
a. Tuliskan keuntungan mengangkut muatan dalam kontainer. Minimal 5
b. kapal kontainer itu akan memuat 1500 TEU’S. Apakah yang di maksud dengan TEU’S itu
Jawab :
a. Keuntungan mengangkut muatan dengan container,antara lain :
1. transport antar dunia
2. muat bongkar lebih cepat dari metoda angkutan muatan yang lain
3. lebih disederhanakan
4. resiko kerusakan dan pencu rian lebih kecil
5. biaya asuransi lebih kecil
6. stevedoring kecil (buruh sedikit)
7. muatan lebih sederhana
8. cara pemuatan dan administrasi dapat dikendalikan melalui computer

b. TEU : ( Twenty Feet equivalent unit ) ukuran standar peti kemas ukuran 20 feet

2. Jelaskan pembagian muatan berbahaya berdasarkan kelasnya menurut konvensi solas’74 chapter VII Cariage of dangerous goods

Jawab :
pembagian muatan berbahaya berdasarkan kelasnya menurut konvensi solas’74 chapter VII Cariage of dangerous goods adalah :
1. Class 1 : Explosives
2. Class 2 Gases : compressed, liquefied or dissolved under pressure
3. Class 3 : Flammable liquids
4. Class 4.1 : Flammable solids
Class 4.2 : Substances liable to spontaneous combustion
Class 4.3 : Substances which, in contact with water, emit flammable gases
5. Class 5.1 : Oxidizing substances
Class 5.2 : Organic peroxides
6. Class 6.1 : Toxic substances
Class 6.2 : Infectious substances
7. Class 7 : Radioactive materials
8. Class 8 : Corrosives
9. Class 9 : Miscellaneous dangerous substances and articles, i.e. any other substance which experience has shown, or may show, to be of such a dangerous character that the provisions of this part shall apply to it.

3. Tuliskan 5 prinsip pemuatan dan jelaskan maksud dari masing masing prinsip pemuatan tersebut secara singkat dan jelas
Jawab :
5 prinsip pemuatan,antara lain :
  1. melindungi kapal a/menciptakan suatu keadaan dimana dalam melaksanakan kegiatan penanganan dan pemuatan,kapal senantiasa tetap dalam kondisi yang baik, aman serta layak laut. Dan yang perlu diperhatikan adalah pembagian muatan secara tegak,melintang,membujur dan secara khusus pada geladak antara
  2. melindungi muatan berarti menyangkut tanggung jawab pihak pengangkut (carrier)terhadap keselamatan muatan yg dimuat dari pelabuhan ke pelabuhan tujuannya dengan aman sebagaimana kondisi muatan seperti saat penerimaannya.
  3. bongkar muat secara cepat,teratur dan sistimatis a/menciptakan suatu proses kegiatan bongkar muat yang efesien dan efektif dalam penggunaan waktu serta biaya.
  4. pemanfaatan ruang muat semaksimal mungkina/menyangkut penguasaan ruang rugi (broken stowage),pengaturan muatan yang dilakukan sedemikian rupa sehingga ruang muat yang tersedia dpt diisi dengan muatan sebanyak mungkin dan ruang muat yang tidak terpakai dapat ditekan sekecil mungkin.
  5. melindungi ABK dan buruh menyangkutatas keselamatan jiwa ABKdan buruh yang mana bahwa selama ABK dan buruh pekerja melaksanakan kegiatannya senantiasa selalu terhindar dari segala bentukresiko² yang mungkin dapat terjadi yang berasal dari pelaksanaan bongkar muat.
4.Bagaimana menyiapkan ruang muat di kapal untuk menerima muatan campuran general cargo. Jelaskan secara berurutan dari a3wal sampai palka benar benar siap di gunakan.?
Jawab :
Langkah2 yang dilakukan u/persiapan sebuah palka agar siap u/menerima muatan,antara lain :
1. pembersihan ruang muat,yaitu : mengeluarkan sisa² & bekas² muatan terdahulu termsuk sisa² & bekas² penerapan dengan menyapu bersih kotoran & debu² ruangan termasuk dinding²
2. membersihkan got² dari segala kotoran² yang dapat menyumbat saringan & pipa isapnya
3. ruangan yg telah disapu bersih kemudian dicuci dgn air tawar u/menghilangkan debu² yang masih melekat jika ruangan berbau maka air cucian diberi campuran bahan kimia sedikit u/menghilangkan bau yang tidak enak
4. air cucian yang tertampung dalam got² dikuras/dikeringkan
5. menjalankan ventilasi ruang muat agar ruang muat cepat kering
6. Palka siap untuk di muati

5. Dalam pelaksanaan pemuatan di kapal bahwa kehilangan ruang muat atau broken stowage termasuk hal yang perlu mendapatkan perhatian. Apakah yang menyebabkan terjadinya broken stowage dan bagaimana cara mengatasinya jelaskan jawaban saudara sebaik baiknya
Jawab :
Penyebab utama terjadinya ruang rugi (broken stowage),antara lain : bentuk palka, bentuk muatan, jenis muatan, penggunaan penerapan (dunnage)
Cara Mengatasinya adalah :
1. pemilihan bentuk muatan yang sesuai dengan bentuk palka
2. pengelompokan dan pemilihan jenis muatan
3. penggunaan muatan pengisi (filler cargo)
4. penggunaan dunnage seminim mungkin

6. Apakah yang di maksud dengan stowage faktor itu dan bagaimanakah menentukan stowage faktor suatu muatan yang berupa peti yang jika di ketahui peti petitersebut memiliki ukuran panjang = 80 cm, lebar 60 cm, tinggi 55cm dimana berat tiap2 peti tersebut = 200 kg
Jawab :
SF = (1000 . v)
w
= (1000 x 0,8 x 0,6 x 0,55)
200
= 1,32 m³/ton

7 Kapal muat minyak sebanyak = 26.350 ton pada suhu rata2 = 48,5°F,API grafity = 51,82 & Coefisien koreksi BJ = 0,00045/°F.Diketa hui 1 American Barel = 0,1515942 CBM & berat 1 CBM air tawar = 1,0288 ton.Berapa American Barel minyak yang dimuat tsb ?

Dik : muatan kapal tanker = 26.350 ton
suhu minyak = 48,5°F
API grafity minyak = 51,82
koreksi BJ = 0,00045°F
1 AMB = 0,1515942CBM
ditanya : AMB = … ?
Jawab :
Rumus : API = 141,5
BJ
= 131,5
BJ standard = 141,5 .
API + 131,5
= 141,5 .
51,82 + 131,5
= 0,7718 (S1)
S2 = S1 – C (t2 – t1)
= 0,7718 – 0,00045 (60 – 48,5)
= 0,7766 (S2)
w (berat minyak) = V . w1 . S1
26.350 = V . ­1 x 0,7766
1,0288
26.350 = V . 0,7549
V = 26.350
0,7549
= 34.905,3 CFT x 0,1515942
= 5291,4 American Barel
sumber http://soalukp.blogspot.com yang khusus di muat untuk perwira deck, mesin,oiler silahkan cek kembali sertifikat anda apakah sudah online di situs pelaut, agar cepat cari lowongan kerja pada januari 2016 ini

lihat juga  postingan lainya yaitu :
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl