Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

PENGOPERASIAN KEMUDI DARURAT DI ANJUNGAN & DI RUANG KEMUDI

PBKuta
Desember 03, 2015
Last Updated 2015-12-03T05:02:55Z
masukkan script iklan disini
Pelaut Online - Sejak peraturan fillipina diberlakukan, banyak sobat pelaut yang bingung harus pemutihan ijazah, karena harus tambah sertifikat dan tentunya harus turun terlebih dahulu untuk mengikuti / ambil sertifikat tersebut, ada pun sertifikat yang harus dipenuhi adalah (SSO) Ship Security Officer, (SAT) Security Awareness Training,  (SDSD) Seafarers Designated Security Duties  dan lainya sesuai tingkat ijazah

jika sebelumnya kami telah postingan beberapa artikel tentang simbol yang bisa di gunakan untuk kapal, dan kesemua bisa anda simpan / save di laptop kesayangan anda, sebab kode simbol terkadang jika ada pemeriksaan oleh surveyor, mereka akan tanya tanda-tanda tulisan seperti di pintu masuk kamar mesin,  tangga, wilayah recue zone dll.

Selain itu jika kita pasang tanda / simbol akan terlihat kapal akan cantik dan rapi, tetapi harus sesuai juga tanda itu ditempatkan, jangan sampai simbol di room santai anda pasang di dapur, ntar di marahi chef cook :)
PENGOPERASIAN KEMUDI DARURAT DI ANJUNGAN & DI RUANG KEMUDI
PERSIAPAN DI ANJUNGAN DALAM PENGOPERASIAN KEMUDI DARURAT

1.Kembalikan Mode Selection Switch pada Steering Stand ke posisi Hand.

2.System pada Steering Stand dimatikan atau dikembalikan ke posisi Off.

3.Tombol Stop daripada Steering Gear Motor pada Panel Steering Gear ditekan hingga nyala lampunya padam, hal ini menandakan bahwa Steering Gear Motor sudah tidak bekerja lagi.

4.Dengan demikian pelaksanaan pengemudian akan dilakukan langsung dari Ruang Kemudi Darurat, untuk itu maka komunikasi yang lancar dari kedua tempat tersebut amat diperlukan. Karenanya telepon dua arah (common batt tell) perlu dilaksanakan, dan untuk itu pula maka putarlah switch pemilih telepon dua arah itu ke angka nomor 4, pastikan bahwa telepon dua arah itu bekerja dengan baik dengan mencobanya.

5.Bila segalanya sudah siap, maka pengemudian darurat dapat dilaksanakan.


PROSEDUR PENGOPERASIAN KEMUDI DARURAT DI RUANG KEMUDI DARURAT

Jika terjadi kesalahan pada sistim kontrol di anjungan atau selama mengoperasikan Mesin Kemudi, maka kemudi dapat dijalankan secara manual dari Ruang Kemudi.

Pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
1.Persiapkan alat komunikasi di Ruang Kemudi untuk berhubungan dengan Anjungan
2.Sesuaikan waktu di Anjungan dengan waktu di Ruang Kemudi.
3.Sesuaikan Gyro Repeater di Ruang Kemudi dengan Master Gyro di Anjungan.
4.Tekan tombol Start Motor Steering Gear No.1 dan/atau No.2 yang tersedia di dalam Ruang Kemudi untuk mengaktifkan Pompa Hydraulic daripada Steering Gear.
5.Ambil Pen (Pushing Bar) yang tersedia pada Steering Gear tersebut untuk persiapan menekan Push Rod daripada Solenoid Valve-nya.
6.Gerakkan kemudi sesuai perintah dari anjungan dengan cara menekan Push Rod dari Solenoid Valve menggunakan Pushing Bar tadi.
7.Sudut Kemudi dapat dilihat dengan memperhatikan papan petunjuk sudut kemudi di dalam Ruang Kemudi.

Jika petunjuk sudut kemudi terhubung,  maka sudut kemudi dapat dilihat di Anjungan.

Perhatian :
1.Cara menjalankan pompa hydraulic dan keran-kerannya harus sesuai dengan plat petunjuknya.
2.Turunkan kecepatan kapal sampai setengah, kemudian lakukan apa yang dimaksud / dikehendaki.

itulah materi kita hari ini semoga bertambah wawsan kita tentang ilmu kelautan khususnya diatas kapal, terimakasih lihat juga post admin sebelumnya yaitu Koleksi Simbol Dengan Keterangan BAHAYA Untuk Deck Dan Mesin Kapal
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl