Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

CARA MENGOPERASIKAN STEERING GEAR

PBKuta
Desember 03, 2015
Last Updated 2015-12-02T20:32:22Z
masukkan script iklan disini
Pelaut Online - Sering kita melihat kemudi mobil ataupun kapal, tentu untuk mengarahkan kemudia itu agar tetap stabil dan tepat pada jalur / jalan yang anda lalui, maka ada suatu alat yang atur untuk mengemudikan, dan system ini sangat penting untuk semua alat transportasi darat,udara maupun laut.

Namun di zaman modern ini, Mengemudikan dikapal bisa saja diatur dan kita tinggal pantau / melihat stuasi keadaan sekitar kapal agar selalu tetap aman dan tentunya jangan sampai Bajak laut / perompak naik keatas kapal !!

Pasti anda sudah tahu apa itu Pengertian Steering Gear atau sering kita sebut adalah Perangkat kemudi adalah perangkat yang digunakan untuk mengendalikan arah kendaraan seperti mobil atau kapal atau pesawat, sebagai Contoh dari perangkat kemudi dan roda Anda mengubah arah ketika mengendarai mobil.
CARA MENGOPERASIKAN STEERING GEAR

BERIKUT INI ADALAH BAGAIMANA CARA KERJA OPERASI-KAN STEERING GEAR,

1.Tekan tombol ‘START’ Steering Gear no.1 dan/atau no.2 pada Panel Steering Gear untuk menggerakkan Motor Steering Gear.

2.Pastikan bahwa Motor Steering Gear no.1 dan/atau no.2 bekerja dengan memperhatikan nyala lampu dimmernya, bila lampu tersebut menyala maka Motor Steering Gear yang di maksud sedang bekerja.

3.Operasikan ‘SYSTEM’ Steering Gear pada Steering Stand sesuai dengan keinginan, alangkah baiknya bila pemilihan ‘SYSTEM’ sesuai dengan Motor Steering Gear mana yang sedang digunakan.

PROSEDUR PENGOPERASIAN STEERING GEAR

A.Pengoperasian Steering Gear menggunakan posisi ‘HAND’.
1.Terlebih dahulu pastikan bahwa indikator kemudi pada posisi 0 ( nol = tengah-tengah kemudi ).

2.Putar switch ‘MODE’ selector Steering Gear ke posisi ‘HAND’.

3.Simpangkan kemudi ke arah dan sebesar keinginan/kebutuhan, maka daun kemudi akan menyimpang sesuai dengan jarum indikator kemudi pada Steering Stand.

B.Pengoperasian Steering Gear menggunakan posisi ‘AUTO’. 
1.Terlebih dahulu pastikan bahwa indikator kemudi Steering Stand pada posisi 0    ( nol = tengah-tengah kemudi ).

2.Bila kedua jarum merah penunjuk haluan sudah berada pada satu garis lurus dan kemudi tengah-tengah, maka putarlah switch ‘MODE’ selector Steering Gear ke posisi ‘AUTO’.

3.Tekan dan putar tombol setting jarum merah haluan di tengah mawar pedoman kemudi berdasarkan maksimum Rudder Limit-nya sesuai dengan haluan kapal yang dikehendaki, maka daun kemudi akan bergerak otomatis hingga kedua jarum merah berada pada satu garis lurus haluan yang dimaksud.

C.Pengoperasian Steering Gear menggunakan posisi ‘NFU’.
1.Terlebih dahulu pastikan bahwa indikator kemudi pada posisi 0 ( nol = tengah-tengah kemudi ).

2.Putar switch ‘MODE’ selector Steering Gear ke posisi ‘NFU’.

3.Simpangkan tangkai kemudi NFU ke arah yang diinginkan/dibutuhkan, maka daun kemudi akan bergerak ke arah mana tangkai kemudi NFU disimpangkan, dan akan berhenti pada posisi di saat mana tangkai kemudi NFU dikembalikan pada posisi tengah-tengah. Bila daun kemudi ingin dikembalikan ke tengah-tengah, maka simpangkan tangkai kemudi NFU tadi ke arah berlawanan dari arah penyimpangan tangkai kemudi NFU sebelumnya hingga daun kemudi berada di tengah-tengah, segera selanjutnya tangkai kemudi NFU dikembalikan ke tengah- tengah juga.

Catatan :
Dalam pelaksanaan penggunaan kemudi NFU ini, perhatian sepenuhnya harus dilaksanakan karena pergerakan daun kemudi sangat cepat.

Itulah ulasan singkat steering gear semoga berguna dan ada manfaat untuk kita, sekian dan terimakasih baca juga postingan sebelumnya yaitu Petunjuk Cara Pengoperasian Inflatable Liferaft
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl